top of page
Search

INILAH 11 PELUANG USAHA 2021 YANG PALING MENJANJIKAN UNTUK DICOBA

Updated: Mar 20, 2021



Berbagai peluang usaha 2021 yang diprediksi akan menjadi medan bisnis yang menjanjikan, tidak bisa lepas dari pengaruh pandemi Covid-19 yang belum ada tanda akan segera berakhir. Bagaimana pun optimisnya dunia usaha dalam menghadapi situasi seperti ini, tentu saja harus ada penyesuaian supaya bisnis tetap dapat tumbuh dan berkembang.


Jika Anda mencari peluang bisnis yang akan memberikan keuntungan maksimal di tahun-tahun mendatang, maka sektor online adalah pilihan utama. Pertanyaannya kemudian adalah; apa jenis bisnis online yang memiliki peluang paling bagus di tahun 2021 ini?

Nah, jika itu adalah pertanyaan Anda juga, ulasan berikut ini akan membantu anda untuk memprediksinya.



Berbagai Peluang Usaha 2021 Sektor Online yang Menjanjikan Profit Sempurna dengan Modal Kecil



Jika berbicara tentang trend bisnis 2021 yang paling banyak direkomendasikan, maka sektor wisata masih akan mendominasi. Kebutuhan pariwisata dan rekreasi adalah salah satu kebutuhan primer masyarakat dengan lifestyle saat ini. Ini terkoreksi pula kemudian dengan bermunculannya banyak tempat wisata baru berbasis alam yang digandrungi oleh masyarakat.


Akan tetapi jika menganggap model pariwisata sebelum pandemi dan setelah pandemi dapat disikapi dengan cara tradisional, maka anggapan itu perlu direvisi. Covid-19 telah membuat peta sirkulasi berbagai dunia usaha menjadi sangat berubah. Dan sejauh ini yang paling mampu beradaptasi dengan baik adalah usaha yang dapat melakukan operasional mereka secara online atau secara digital.


Namun untuk menemukan bisnis online yang memiliki peluang bagus untuk dikembangkan juga bukan sesuatu yang gampang. Ada beberapa pertimbangan yang harus dilakukan untuk mengeliminir beberapa ide yang muncul untuk kemudian dipilih yang terbaik di antaranya. Dengan pertimbangan yang matang serta riset yang tepat, maka pilihan yang diambil untuk mencoba sebuah bisnis berbasis online lebih bisa dioptimalkan.



Beberapa Hal yang Perlu Diperhatikan Untuk Memulai Bisnis Online di Tahun 2021



Sebelum Anda memilih satu sektor bisnis yang ingin Anda tekuni, setidaknya ada beberapa hal dasar yang harus diperhatikan. Beberapa pertimbangan yang paling penting misalnya adalah;

  • Hampir semua bisnis dengan ide kecil dan modal kecil yang ada di tahun 2021 berbasis pada sistem online. Jadi, pastikan bisnis yang Anda pilih dapat dioperasikan pula dengan mekanisme online.

  • Pilihlah ide bisnis yang Anda memiliki pengetahuan di dalamnya

  • Pilihlan ide bisnis yang Anda memiliki passion dan rasa suka dalam melakukannya. Terbukti bahwa memilih bidang bisnis sesuai dengan kesukaan memiliki persentase untuk berhasil lebih tinggi.

  • Sebelum memulai bisnis, pastikan pula bahwa ada sebuah kebutuhan yang bisa Anda penuhi dengan bisnis yang Anda pilih.

  • Terapkan pembukuan yang baik dan teratur sekecil apa pun bisnis yang ada geluti.

Hal lain yang juga penting pula untuk Anda perhatikan dalam memilih bisnis online adalah dengan mempertimbangkan seberapa besar dana yang Anda butuhkan untuk memulai bisnis tersebut.


Ide-ide besar mungkin saja membutuhkan suntikan dana besar pula untuk dimulai. Namun ide bisnis kecil dan sederhana berbasis online, bisa saja hanya membutuhkan koneksi internet dan perangkat komputer untuk memulainya.





12 Ide Bisnis Online Paling Menjanjikan Tahun 2021



Online Reseller



Peluang usaha tahun 2021 yang masih tetap banyak diminati adalah menjadi seorang reseller online. Anda yang tertarik dengan pakaian, perlengkapan, rumah tangga, perhiasan, jam tangan dan lain sebagainya, dapat memulai bisnis ini sebagai sebuah pekerjaan sampingan yang menjanjikan.


Untuk menjadi seorang reseller online tentu saja bukan hal yang sulit untuk dilakukan. Anda bisa memulainya dengan membuat sebuah halaman facebook, blog gratis seperti wordpress, wix, atau blogspot dan memajang produk yang Anda pasarkan di sana. Bahkan dengan jaringan pertemanan yang luas di media sosial dan whatsapp, Anda juga dapat memasarkan produk melalui cara yang lebih sederhana.



Online Teaching



Pandemi Covid-19 membuat hampir semua manusia terjebak dalam karantina. Dan itu juga terjadi pada dunia pendidikan yang mengakibatkan adanya transisi dari model pengajaran tradisional menjadi pengajaran online atau daring. Dengan keterbatasan ruang gerak dan kemampuan dunia teknologi saat ini, permintaan akan pendidikan dan pengajaran online menjadi meningkat dan tentu saja itu dapat Anda konversi menjadi sebuah peluang.


Pilihlah satu bidang yang menjadi kekuatan Anda untuk diajarkan secara online. Jika misalnya Anda adalah seorang ahli akuntansi dan pembukuan keuangan, maka Anda dapat membuka side job sebagai seorang pengajar bidang tersebut secara online.


Atau jika Anda adalah seorang penulis yang produktif dan memahami banyak hal tentang dunia kepenulisan, maka Anda pun dapat menjadikan kemampuan Anda itu sebagai sebuah modal bisnis online di tahun 2021 ini.



Internet Marketing



Pemasaran melalui internet akan tetap menjadi pemimpin di masa depan. Siapa pun yang mampu beradaptasi dan mempersiapkan diri mereka dengan pola kerja digital yang semakin canggih, akan memiliki peluang yang jauh lebih besar daripada dia yang masih betahan dengan cara tradisional.


Nah, internet marketing atau pemasaran online adalah salah satu medan bisnis yang sangat potensial untuk Anda tekuni di masa mendatang.


Jika Anda memiliki kemampuan yang memadai dalam hal Search Engine Optimazation (SEO), conntent marketing, pay per click, web development atau manajemen media sosial yang efektif, maka tentu saja peluang bisnis untuk menjadi seorang internet marketing profesional adalah ide bisnis online tahun 2021 ini yang bisa Anda ambil.



Translating Service



Jika Anda adalah seorang yang mengerti cukup banyak bahasa negara di dunia, maka peluang untuk menjadi seorang penerjemah online ini menjadi milik Anda. Kebutuhan akan penterjemah online di tahun 2021 diprediksi akan mengalami kenaikan yang cukup menarik seiring dengan semakin massifnya dunia usaha yang menyeberang batasan negara melalui sistem online.


Akan ada banyak dokumen yang membutuhkan seorang penterjemah untuk dialihbahasakan supaya mampu menjangkau lebih banyak orang. Berbagai konten website yang berisi informasi-informasi dan penawaran yang menyeberangi batas negara dan bahasa, juga membutuhkan layanan penterjemah untuk mengartikannya.


Dan sekali lagi, jika Anda memiliki kemampuan multibahasa yang cukup bagus, peluang ini tercipta untuk Anda eksekusi di tahun 2021.



App Developer



Walaupun bukan termasuk bisnis yang akan booming di tahun 2021, namun pengembang aplikasi atau app developer adalah suatu peluang bisnis yang dipastikan akan tetap meningkat di tahun-tahun mendatang.


Ketergantungan manusia dengan ponsel canggih dan android telah memantapkan posisi pengembang aplikasi sebagai sebuah peran yang penting. Keseharian manusia yang demikian akrab dengan realitas virtual adalah sebuah permintaan pasar yang kuat akan pengembang aplikasi.


Jadi, jika anda adalah seorang yang familiar dengan IT, memahami banyak rumus pengkodean program komputer dan teknologi, app developer adalah peluang bisnis tahun 2021 yang menunggu untuk Anda tekuni.



Online Consultant



Jika Anda adalah seorang yang memiliki pengetahuan luas mengenai sesuatu dan bersemangat dalam bidang itu, menjadi konsultan online profesional adalah bisnis untuk Anda di tahun 2021 ini. Beberapa bidang populer yang membutuhkan konsultan misalnya adalah; bisnis, media sosial, marketing, sumber daya manusia, komunikasi, kepemimpinan, keuangan, dan masih banyak lagi.


Memilih peluang bisnis sebagai seorang konsultan bisa saja sangat menguntungkan. Untuk sebuah nasihat dan pandangan-pandangan profesional yang Anda miliki, seseorang yang membutuhkannya di luar sana akan bersedia membayar dengan mahal.


Anda bisa memulai bisnis ini dengan diri Anda sendiri kemudian mengembangkannya dengan merekrut konsultan lain untuk bergabung bersama Anda pula.



Online Bookkeeping (Accounting)



Nah, ini menjadi peluang bisnis yang paling menarik untuk para pembaca website www.aplikasiakuntansiexcel.com yang tentunya sudah cukup familiar dengan masalah pembukuan keuangan dan akuntansi.


Dengan semakin meningkatnya penggunaan internet dan sistem kerja remote, maka dunia pembukuan keuangan pun mengalami hal yang sama. Dan menariknya pada tahun 2021 ini, praktisi akuntansi memiliki peluang besar untuk membangun bisnis mereka sendiri sebagai online bookkeeper.


Jadi, jika Anda adalah seorang akuntan yang menginginkan otonomi untuk mengelola keuangan Anda sendiri, maka mengambil peluang bisnis tahun 2021 ini sebagai seorang online bookkeeper adalah langkah ideal untuk memulainya.


Supaya langkah Anda untuk terjun dalam bisnis online bookkeeper lebih lancar dan cepat, Anda dapat memanfaatkan teknologi modern dalam layanan pembukuan keuangan yang Anda kelola. Berbagai aplikasi akuntansi yang powerfull dapat menjadi alat bantu Anda yang efektif untuk menangani pembukuan keuangan perusahaan klien yang menggunakan jasa Anda nantinya.



Online Cleaning Service



Jika Anda suka bersih-bersih, peluang usaha yang belum banyak pesaing di tahun 2021 adalah dengan membuka jasa layanan kebersihan online. Anda bisa mengajak beberapa orang yang memiliki dedikasi dan kedisiplinan untuk menjadi tim opersional. Dengan sedikit pelatihan mengenai keterampilan operasional kebersihan, Anda sudah dapat memulai jasa layanan kebersihan online Anda sendiri.


Modal yang Anda butuhkan untuk memulai usaha ini adalah beberapa orang staf, berbagai perlengkapan kebersihan, dan juga alat transportasi. Sementara pangsa pasar yang dapat Anda bidik sebagai calon konsumen Anda misalnya adalah pemilik rumah pribadi, perkantoran, komplek apartemen, dan juga properti komersial.


Sebagai tambahan saran untuk Anda yang ingin terjun dalam bisnis online cleaning service ini, adalah dengan membuat layanan Anda berbeda daripada layanan yang sudah ada. Konsep perbedaan yang bisa Anda aplikasikan misalnya dengan menambahkan layanan premium berupa waxing lantai atau pencucian exterior. Tentunya Anda bisa menaikkan tarif untuk model layanan seperti ini.



Freelance Copywriter



Penulis adalah profesi yang banyak diidamkan generasi saat ini. Dan menariknya pada trend bisnis 2021 ini, Anda dapat menjadikan aktivitas sebagai penulis lepas menjadi sebuah bisnis yang menjanjikan.


Jika Anda mampu menyusun kalimat demi kalimat yang menarik pembaca, didukung pula oleh kemampuan tentang SEO yang bisa membantu klien Anda untuk tampil pada halaman pertama mesin pencarian untuk beberapa kata kunci yang ditargetkan, Anda mungkin bisa terjun ke bisnis ini dan mendulang sukses di dalamnya.


Dengan arus informasi dan pemasaran digital yang semakin meningkat, penulisan untuk konten website, menulis blog atau pun informasi persuasif lainnya, adalah beberapa alasan mengapa profesi freelance copywriter memiliki peluang cukup bagus untuk tahun-tahun mendatang.


Kebebasan adalah keunggulan lain yang bisa Anda dapatkan dengan menggeluti bisnis sebagai seorang copywriter. Selama Anda memiliki laptop dan koneksi internet, Anda bisa melakukan pekerjaan Anda darimana saja.


Menariknya lagi jika Anda mampu membangun jaringan yang cukup luas dan mendapatkan referensi dari klien yang puas, maka menjadi freelance copywriter dapat menjadi pekerjaan penuh yang bisa Anda lakukan.



Seniors Care Service



Layanan Perawatan Lansia atau manula mungkin sudah tidak begitu asing lagi di Indonesia. Namun, jika bisnis ini Anda kembangkan secara online, ini bisa menjadi sebuah terobosan.

Anda tidak membutuhkan keahlian khusus untuk dapat merawat lansia. Hal yang paling penting dari bisnis ini adalah kepedulian, rasa simpati, dan sedikit pengetahuan Anda dalam merawat para lansia yang sudah semakin banyak mengalami keterbatasan kemampuan fisik.


Peluang untuk membuka layanan perawatan lansia ini menjadi semakin prospektif ketika dicocokkan dengan hasil survey dari National Institute of Aging (USA) yang mengatakan bahwa rentang waktu antara tahun 2010-2050, jumlah usia 85 tahun akan meningkat hingga 351% secara global.


Arti penting dari hal ini adalah; kebutuhan akan adanya perawatan yang membantu aktivitas kesehatan lansia, bahkan di rumah mereka sendiri, juga akan meningkat. Dan itu sudah pasti menjadi peluang untuk Anda.



Droshipping



Peluang usaha terbaru dan terlaris selanjutnya yang diprediksi akan tetap memiliki potensi besar di tahun 2021 adalah dropshipping, khususnya internasional. Bahkan secara khusus dikatakan, besarnya kapasitas lini produksi hampir semua barang di Tiongkok, dan massifnya jaringan perdagangan internasional yang mereka bangun, adalah peluang besar bagi bisnis dropshipping internasional.


Praktik dari bisnis ini adalah Anda menjual kembali barang-barang yang Anda peroleh dari pemasar di Tiongkok, untuk kemudian Anda pasarkan kembali melalui website yang Anda miliki ke calon pembeli di negara yang lain.


Nah, peluang ini bisa Anda eksekusi tentu saja dengan dukungan jaringan internet yang bagus, sedikit kemampuan berbahasa Inggris, dan tentu saja, kemampuan memasarkan produk-produk tersebut secara luas.


Selain jaringan produk sebagai suplier, hal lain yang paling fundamental adalah kemampuan Anda membangun konten promosi yang tepat untuk menjaring calon pembeli di situs dropshipping yang Anda miliki.



Beberapa Pertanyaan Penting Mengenai Peluang Usaha dan Bisnis Online Tahun 2021



Setelah Anda mengetahui 11 peluang usaha tahun 2021 yang paling prospektif untuk Anda coba di atas, mungkin ada beberapa pertanyaan yang Anda miliki mengenai bagaimana mewujudkan ide bisnis tersebut menjadi sebuah usaha yang nyata.


Berikut beberapa pertanyaan yang paling sering diajukan terkait mengenai peluang usaha online tahun 2021 di atas;



Bisnis Kecil Apa yang Paling Bagus untuk Dimulai Tahun 2021?



Bisni kecil terbaik untuk dilakukan di tahun 2021 adalah sesuatu yang Anda sukai dan Anda ketahui, serta Anda permintaan pasar untuk hal tersebut.


Jika Anda mempertimbangkan keuntungan yang maksimal namun dengan beban kerja yang lebih sedikit, maka bisnis yang paling bagus untuk Anda mulai di tahun 2021 ini adalah bisnis yang memang sudah terbukti berhasil dan memiliki pelanggan.


Akan tetapi, jika Anda memiliki lebih banyak hasrat untuk bekerja dan mempersembahkan yang terbaik sebagai karya kebanggaan Anda, maka bisnis kecil tebaik yang dapat Anda pilih adalah bisnis apa pun yang membuat Anda senang mengerjakannya dan mampu memenuhi kebutuhan Anda.


Anda tentu lebih tahu dari siapa pun mengenai bisnis apa yang paling cocok untuk Anda lakukan, yang membuat Anda bahagia, berpeluang untuk sukses dan pastinya mampu mencukupi kebutuhan Anda.



Bagaimana Memulai Bisnis Jika Tidak Memiliki Modal Uang Sama Sekali?



Pilihlah bisnis dengan modal paling minim dan paling rendah. Jangan khawatir, beberapa bisnis online bahkan tidak membutuhkan modal uang sama sekali.


Untuk memulai beberapa bisnis kecil berbasis online di tahun 2021, Anda sebenarnya tidak perlu mengeluarkan modal sama sekali. Pilihan ide bisnis seperti dropshipping, online reseller dan semacamnya, tidak menuntut Anda terlalu banyak kecuali laptop dan koneksi internet.


Poin penting dari memulai bisnis dari ide kecil pada tahun 2021 ini adalah; lakukan bisnis ini sebagai side job Anda terlebih dahulu. Artinya Anda masih tetap dapat mempertahankan job utama Anda sebelum bisnis Anda benar-benar bisa menopang kebutuhan Anda sepenuhnya.



Apa Langkah-Langkah Paling Penting dalam Memulai Sebuah Bisnis?



Tentu semua ide usaha membutuhkan kesabaran, ketekunan dan juga kerja keras. Namun dengan beberapa pedoman dan alat yang tepat, perjalanan bisnis Anda menuju kesuksesan dapat lebih dipersingkat.


Berikut adalah tahap-tahap terpenting untuk memulai proses sebuah bisnis online tahun 2021;


  1. Pilih ide bisnis yang paling tepat dan temukan pangsa pasar di dalamnya.

  2. Analisa kondisi pasar sesuai dengan keadaan yang paling aktual

  3. Buat perencanaan bisnis yang rapi.

  4. Perkirakan jumlah modal yang Anda butuhkan dan dapatkan dengan berbagai cara yang tepat.

  5. Tentukan struktur hukum bisnis yang Anda pilih.

  6. Daftarkan bisnis Anda ke pemerintah (dengan mendapatkan SHU dan lain sebagainya).

  7. Asuransikan bisnis yang Anda miliki.

  8. Bangun tim yang kuat sesuai kebutuhan Anda.

  9. Pilih vendor yang terpercaya.

  10. Pasarkan dan iklankan bisnis sebaik mungkin.

  11. Kelola keuangan bisnis Anda sebaik mungkin


Apa Saran Terakhir untuk Anda yang Ingin Memulai Bisnis di Tahun 2021?



Pada banyak kasus, kegagalan ide bisnis untuk berkembang lebih lanjut seringkali disebabkan oleh kegagalan dalam mengatur keuangan atau akuntansi. Berbagai bisnis kecil berbasis online seperti daftar di atas juga membutuhkan pembukuan keuangan yang rapi supaya dapat tumbuh dan sukses.


Bisnis kecil pada umumnya mengalami keterbatasan, terutama guna membayar akuntan profesional untuk mengatur pembukuan keuangan mereka. Sedangkan melakukan pembukuan dan membuat laporan keuangan itu sangat penting untuk kelangsungan dan keselamatan keuangan perusahaan. Lalu bagaimana solusinya?


Nah, ini menjadi semakin menarik karena ternyata programexcel.id menawarkan berbagai kemudahan dan solusi untuk masalah yang Anda hadapi. Pembuatan laporan keuangan dan pembukuan usaha yang awalnya Anda rasa sangat sulit dan mahal biayanya untuk diterapkan sekarang menjadi lebih mudah dan sangat efisien dengan menggunakan program akuntansi excel ini.


Untuk Anda yang menggeluti usaha dagang, bisa memakai program akuntansi dagang. Bagi Anda yang menjalankan bisnis Jasa cocok menggunakan program akuntansi jasa. Sedangkan Anda yang menjalankan usaha produksi atau manufaktur sangat cocok menggunakan program akuntansi manufaktur. Keunggulan program excel di banding software akuntansi lain adalah aplikasi ini di lengkapi dengan perhitungan HPP penjualan dan HPP produksi otomatis. Cukup memasukkan semua transaksi di jurnal umum maka HPP, buku besar dan laporan keuangan akan tersaji otomatis.


Tidak hanya itu, untuk Anda yang memiliki stok barang dagangan, Anda bisa gunakan program stok barang untuk mencatat semua mutasi keluar masuk barang dagangan Anda secara otomatis. Jadi Anda tidak perlu membuang banyak waktu dan tenaga untuk menjaga persediaan barang jualan Anda tetap terkontrol. Program stok barang ini di lengkapi dengan analisis penjualan barang, analisis toko atau reseller serta daftar salesman.


Dengan segala kelengkapan dan fitur yang dimilikinya ini, maka sudah saatnya Anda mengelola pembukuan keuangan usaha secara lebih rapi, lebih sistematis, dan juga lebih mudah. Tunggu apalagi? Mari download Coba Gratis programexcel.id untuk solusi paling ideal dan mudah bagi pembukuan keuangan usaha Anda.






587 views0 comments
bottom of page