top of page
Search

TERNYATA INILAH 5 MANFAAT AKUNTANSI DALAM BISNIS YANG PALING FUNDAMENTAL

Updated: Mar 20, 2021



Ada banyak begitu banyak manfaat akuntansi dalam bisnis yang secara signifikan juga ikut mempengaruhi tumbuh kembang bisnis itu sendiri. Semakin baik seorang pebisnis mengaplikasikan strategi berdasarkan perhitungan akuntansi dalam menjalankan usaha mereka, maka semakin baik pula hasil yang akan ia peroleh. Dan yang lebih penting, semakin sehat pula kondisi finansial bisnis yang ia kelola.


Akan tetapi dari sekian banyak manfaat akuntansi dalam dunia bisnis tersebut, setidaknya ada lima hal yang dianggap paling fundamental. Kelima hal yang berkenaan dengan akuntansi inilah kemudian yang memberikan dampak sangat besar bagi sebuah bisnis jika ia dilakukan dengan benar.


Lantas, apakah sebenarnya 5 hal yang menjadi manfaat paling penting akuntansi dalam sebuah bisnis tersebut? Berikut ulasan lengkapnya untuk Anda.



5 Manfaat Akuntansi Dalam Bisnis yang Paling Penting dan Berdampak Besar


Ada berbagai aspek yang kemudian menjadi anatomi paling penting untuk membangun suatu bisnis. Salah satu anatomi atau aspek yang kemudian dianggap paling krusial adalah tentang akuntansi atau pembukuan laporan keuangan. Pencatatan yang meliputi semua aktivitas transaksional keuangan adalah ruh bisnis yang sama sekali tidak dapat diabaikan.


Pencatatan akuntansi dalam bisnis tidak hanya berbicara mengenai bagaimana melaporkan apa yang telah terjadi mengenai aktivitas keuangan perusahaan. Lebih jauh bahkan, proses pencatatan akuntansi yang rapi juga mampu menjadi sebuah penentu bagi perusahaan untuk merumuskan formula atau strategi mereka dalam menghadapi tantangan zaman.


Dengan kemampuan suatu bisnis untuk mengadaptasikan keputusan mereka berdasarkan pada data-data akuntansi perusahaan, maka semakin baik pula peluang yang dimiliki bisnis tersebut untuk terus berkembang. Jika hal tersebut dilihat dari kondisi finansial perusahaan, maka menjadikan pertimbangan akuntansi sebagai basis logika penentuan strategi juga akan memberikan implikasi yang lebih positif dalam jangka panjang bagi perusahaan yang bersangkutan.


Nah, apa sajakah kemudian yang menjadi manfaat paling fundamental dari pencataan akuntansi yang rapi dan sistematis bagi sebuah perusahaan? Berikut adalah lima di antaranya.



Akuntansi Sebagai Alat Evaluasi Perusahaan



Dalam bisnis apa pun, evaluasi adalah adalah sesuatu yang sangat pokok untuk dilakukan. Evaluasi memungkinkan Anda sebagai pemilik atau pengelola bisnis mampu mengidentifikasi berbagai hal penting dari kinerja perusahaan Anda pada periode sebelumnya. Evaluasi yang terarah dan efektif akan mampu memberikan Anda sebuah review paling akurat berdasarkan data-data mengenai bagaimana seharusnya Anda mengambil keputusan ke depan.


Nah, manfaat akuntansi bagi perusahaan atau bisnis yang pertama adalah sebagai alat untuk melakukan evaluasi atau review ulang berbagai langkah serta kebijakan yang telah diambil oleh perusahaan. Berdasarkan laporan keuangan yang dapat Anda lihat setiap bulan, Anda tentu saja dapat mengidentifikasi misalnya; strategi apa yang paling menghasilkan dalam pemasaran, atau strategi yang telah dilakukan yang ternyata dampaknya mampu memberi penghematan yang signifikan.


Dengan adanya evaluasi semacam ini, Anda sebagai pemilik atau pengelola perusahaan dagang atau perusahaan jasa, dapat mulai merumuskan langkah selanjutnya untuk memaksimalkan kinerja bisnis perusahaan Anda. Data-data yang diperoleh dari laporan akuntansi atau pembukuan keuangan akan memberikan sekumpulan angka pasti yang dapat menjadi acuan efektivitas dan tindakan perusahaan yang terbaik pada masa yang akan datang.



Akuntansi Sebagai Penyedia Informasi Finansial Perusahaan untuk Acuan Keputusan Manajerial



Manfaat selanjutnya dari akuntansi dalam dunia bisnis adalah sebagai salah satu referensi keputusan yang tepat dalam tingkat manajerial. Anda pasti paham bukan; bahwa manager adalah seseorang yang harus mampu menghasilkan keputusan dengan cepat dalam sebuah bisnis. Kecepatan dan ketepatan manajerial dalam menghasilkan keputusan untuk perusahan seringkali memberikan dampak signifikan pada bisnis.


Tujuan akuntansi dalam bisnis adalah sebagai bagian penting dari referensi para manajer mengambil keputusan di bidang mereka. Untuk menghasilkan keputusan yang realitasnya akan membutuhkan dukungan finansial dan dana, pertimbangan terbaik adalah dengan mempertimbangkan bagaimaman kondisi laporan keuangan perusahaan itu sendiri.


Misalkan begini; Sebuah perusahaan manufaktur menghadapi kebimbangan untuk menambah kapasitas produksi dengan membeli perlengkap alat produksi baru, ataukah cukup dengan membuat penjualan yang ada menjadi stabil saja. Nah, pada keputusan level manjerial yang membutuhkan action cepat, akuntansi adalah sumber data yang relevan untuk menghasilkan keputusan paling ideal.


Jika diketahui cash flow perusahaan dalam kondisi yang prima dan baik-baik saja, maka membeli perlengkapan alat produksi baru tentu bukan menjadi masalah. Akan tetapi jika kemudian didapatkan data bahwa arus kas perusahaan sedang dalam kondisi yang defisit, maka memang mengoptimalkan penjualan dengan alat produksi yang sudah ada adalah pilihan yang paling bijaksana.



Sebagai Sumber Informasi Report kepada Pihak Eksternal



Selanjutnya tujuan akuntansi dalam tumbuh kembang bisnis adalah sebagai basic data atau sumber informasi kepada pihak eksternal. Pihak eksternal yang dimaksud disini misalnya adalah para pemegang saham atau para investor yang menginvestasikan uang mereka pada aktivitas bisnis perusahaan yang bersangkutan. Mereka tentu saja, menginginkan laporan keuangan perusahaan yang baik, teratur dan positif terkait dengan operasional bisnis yang ia serahkan pengelolaannya kepada Anda.


Untuk bahan laporan yang bisa Anda sampaikan kepada pihak investor, akuntansi dan pembukuan keuangan adalah sumber yang paling fundamental. Informasi mengenai keuangan perusahaan akan memberi ruang kepada para pemegang saham tersebut untuk mengetahui sejauh mana kinerja manajemen dan bisnis dalam mengelola dana yang mereka investasikan.


Jika didapatkan bahwa perusahaan dalam performance yang optimal dan kinerja para manajemen menunjukkan hasil yang menguntungkan, investor mungkin saja akan menambah nilai investasi mereka kembali.


Dan sebaliknya, jika kemudian kinerja manajemen dan perusahaan menunjukkan hasil minus berdasarkan akuntansi laporan keuangan yang disampaikan, para pemegang saham tentu saja akan memberikan berbagai saran yang paling efektif untuk mendorong pertumbuhan perusahaan.



Sebagai Sumber Dasar Alokasi Sumber Daya



Berikutnya manfaat paling fundamental akuntansi dalam bisnis adalah sebagai acuan dasar atau referensi utama penggunaan sumber daya. Hal ini secara sederhana dapat diartikan bahwa akuntansi memberi Anda gambaran yang paling kredibel mengenai kemana sebaiknya sumber daya bisnis Anda arahkan.


Perusahaan tentu saja memiliki banyak pertimbangan mengenai pilihan apa yang dapat diambil untuk menghasilkan laba yang maksimal. Dengan banyaknya pertimbangan ini, kadangkala terjadi kebimbangan dalam mengambil keputusan mengenai manakah alokasi yang sebaiknya dipilih. Nah, pada saat ini bidang bidang akuntansi dan kaitannya dalam rincian aktivitas keuangan perusahaan mendapatkan moment-nya untuk Anda gunakan.


Anggaplah misalnya perusahaan menghadapi pilihan antara menaikkan insentif tim penjualan sebagai dorongan mereka untuk bekerja lebih giat, ataukah membeli unit produksi baru sebagai upaya untuk menggenjot produktivitas. Nah, dalam kasus seperti ini, setidaknya ada 3 faktor yang dapat Anda jadikan pertimbangan;

  • Pastikan besaran alokasi modal yang telah dipersiapkan Anda mampu meng-cover berbagai pilihan yang ada. Artinya jika ada satu pilihan yang secara modal masih di luar jangkauan alokasi dana perusahaan, maka Anda bisa mengesampingkannya untuk sementara.

  • Evaluasi pula kinerja penjualan dan produksi selama ini. Jika penjualan sudah cukup bagus sementara produksi seringkali mengalami kehabisan stok barang, maka cukup bijaksana rasanya jika Anda memprioritaskan alat produksi baru terlebih dahulu.

  • Lihat hasil pembukuan akuntansi bisnis Anda selama ini, khususnya masalah pengeluaran dan biaya. Jika ditemukan ternyata biaya maintenance alat produksi yang sudah ada justru melebihi biaya pembelian alat produksi yang baru, maka tentu saja membeli alat produksi baru lebih bijaksana untuk Anda prioritaskan.


Sebagai Alat untuk Mengontrol Keuangan Perusahaan



Manfaat fundamental terakhir dari akuntansi dalam dunia bisnis adalah sebagai alat untuk mengontrol keuangan perusahaan. Hal ini sebenarnya menerapkan hukum yang sederhana saja yakni; Anda menjadi lebih hemat ketika kondisi keuangan Anda sedang tidak begitu baik. Dan sebaliknya, Anda juga juga harus lebih bijaksana ketika kondisi keuangan Anda sedang prima.


Dalam kaitannya sebagai alat kontrol bisnis, pembukuan keuangan atau pencatatan akuntansi juga memiliki prinsip yang sama. Ketika laba perusahaan menunjukkan hasil yang positif, Anda dituntut untuk mempergunakan sumber daya keuangan secara bijaksana. Dan ketika kondisi keuangan perusahaan Anda mengalami kerugian berdasarkan laporan dalam akuntansi, maka kepentingan untuk berhemat dan menekan pengeluaran tentu lebih dibutuhkan lagi.


Adanya catatan yang komprehensif mengenai kondisi laba rugi perusahaan memungkinkan pengelola perusahaan untuk memilih langkah yang paling tepat demi tercapainya tujuan perusahaan. Dalam aspek ini, fungsi akuntansi dalam bisnis jelas menunjukkan bahwa ia dapat pula digunakan sebagai alat kontrol untuk menentukan arah dan strategi perusahaan.


Akuntansi yang Bagaimana yang Paling Ideal dan Memberi Manfaat Paling Komprehensif bagi Perusahaan?



Dengan melihat begitu signifikannya manfaat akuntansi dalam 5 aspek paling fundamental di atas, pertanyaannya kemudian adalah; Akuntansi yang seperti apa sebenarnya yang dapat memberikan manfaat sedemikian besarnya bagi sebuah bisnis?


Jawabannya tentu saja adalah sebuah akuntansi memenuhi standar dan yang mampu memberikan Anda informasi super komprehensif, akuntabel, rinci, sistematis dan juga otomatis. Laporan akuntansi semacam inilah yang kemudian mampu memberikan Anda informasi paling akurat terkait kondisi keuangan bisnis atau perusahaan yang Anda jalankan.


Lebih menarik lagi adalah akuntansi super komplit semacam ini dapat Anda peroleh dengan sangat mudah di www.programexcel.id. Software akuntansi yang Anda peroleh mampu meng-cover semua pembukuan keuangan perusahaan yang Anda butuhkan. Apakah Anda bergerak dalam bisnis jasa, manufaktur, pergudangan dan perdagangan, Program Excel akan memenuhi semua kebutuhan pembukuan keuangan Anda sepenuhnya.


Apa Saja yang Dapat Dilakukan Program Excel untuk Anda?


Dalam programexcel.id Anda akan memperoleh semua kebutuhan akuntansi untuk kelancaran bisnis yang Anda geluti.


Anda yang berkecimpung dalam bisnis jasa dapat menggunakan program akuntansi jasa, Anda yang menjalankan roda bisnis dalam bidang perdagangan, maka program akuntansi dagang akan memberikan pembukuan yang sempurna untuk Anda ambil manfaatnya. Sementara Anda yang berbisnis dalam sektor manufaktur atau produksi, maka program akuntansi manufaktur adalah yang terbaik untuk Anda gunakan.


Bahkan untuk Anda yang berbisnis dengan kondisi stok barang yang berubah setiap saat, pekerjaan Anda akan dimudahkan dengan program stok barang yang akan mencatat seluruh mutasi stok barang secara otomatis. Lebih dari itu, selain mampu menghemat waktu Anda menjadi lebih efisien, program stok barang juga dilengkapi analisis penjualan barang, analisis toko atau reseller, serta daftar lengkap salesman yang Anda gunakan.


Program Excel memiliki lebih banyak keunggulan dibandingkan software akuntansi lainnya. Salah satu keunggulan paling istimewanya adalah; bahwa software ini memiliki perhitungan HPP produksi dan HPP penjualan yang semuanya serba otomatis. Anda cukup memasukkan data transaksi di jurnal umum, kemudian HPP, buku besar, dan laporan keuangan yang lengkap akan tersaji secara otomatis buat Anda. Tentunya ini sangat besar dampaknya buat kesulitan pembuatan laporan keuangan yang Anda hadapi selama ini.


Ada begitu banyak manfaat yang bisa Anda peroleh dengan menggunakan program akuntansi excel siap pakai ini. Segala jenis pekerjaan akuntan mulai dari menyusun Chart of Account (CoA) sampai menjadi laporan keuangan yang lengkap, semuanya serba otomatis. Tentu saja hal ini dapat membuat Anda menghemat lebih banyak waktu, menghemat lebih banyak tenaga, dan menghemat lebih banyak biaya pula. Bayangkan oleh Anda jika itu semua Anda kerjakan dengan cara manual. Anda akan di terjebak dalam pekerjaan pembukuan yang sangat menjemukan dan rentan dengan human error.


Tidak seperti software akuntansi lainnya, dengan program excel Anda tidak perlu berlangganan dengan membayar biaya langganan tiap bulannya dengan harga yang mahal. Cukup 1x pembelian bisa dipakai seterusnya tanpa batasan waktu. Jadi Anda bisa bebas untuk tidak menyediakan dana berlangganan. Dana tersebut tentu saja bisa Anda gunakan untuk keperluan usaha yang lebih penting.


Oya satu lagi, untuk setiap pembelian program excel produk apa pun, Anda berhak mendapatkan 16 bonus gratis program akuntansi yang akan membuat pekerjaan Anda dalam hal accounting semakin mudah lagi.


Penasaran apa saja 16 bonus gratis yang bisa Anda dapatkan itu? Silahkan klik disini.


Nah, itu adalah berbagai manfaat akuntansi dalam bisnis paling fundamental dalam dunia bisnis yang harus Anda ketahui. Jelas terlihat dari uraian di atas, bahwa akuntansi yang komprehensif dan sistematis memiliki peranan yang sangat signifikan dalam tumbuh kembang bisnis apa pun yang Anda tekuni.

ADA RIBUAN AKUNTAN PROFESIONAL TELAH MERASAKAN MANFAAT DARI PROGRAM EXCEL. SEKARANG GILIRAN ANDA!






82 views0 comments
bottom of page