Search

7 TIPS MUDAH MENGELOLA KEUANGAN BISNIS YANG AKAN MEMBUAT OMZETMU MELEDAK!

Updated: Mar 19


Salah satu fondasi bisnis yang paling menentukan adalah kemampuan seorang pengusaha untuk mengatur keuangan bisnisnya. Semakin baik seorang pengusaha dalam mengelola keuangan bisnis yang ia miliki, maka semakin besar pula kesempatannya untuk meraih kesuksesan.


Dan sebaliknya, semakin kurang disiplin dan kompeten seorang bisnisman dalam me-manage keuangan perusahaannya, maka hampir dipastikan bahwa bisnisnya tinggal menunggu waktu saja untuk menemui masalah.


Lantas, bagaimana sebenarnya cara yang paling tepat bagi seorang pengusaha dalam mengelola keuangan bisnisnya? Apakah ada tips mudah mengelola keuangan bisnis yang dapat dijadikan sebagai panduan yang efektif sekaligus menigkatkan omzet secara signifikan?


Nah, penasaran, kan? Yuk , baca ulasan lebih lengkapnya berikut ini

PEKERJAAN AKUNTING YANG RUMIT AKAN BERUBAH MENJADI AKTIVITAS YANG GAMPANG DAN MENYENANGKAN JIKA MENGGUNAKAN SOFTWARE INI.


TIDAK PERCAYA? COBA SENDIRI DISINI!


7 Tips Mudah Mengelola Keuangan Bisnis yang Paling Efektif untuk Meledakkan Omzet Perusahaan

Menjadi seorang pengusaha sukses tentu saja merupakan mimpi banyak orang. Enterpreneur atau pengusaha identik dengan kesuksesan, bergelimang harta, dan kehidupan yang sangat berkecukupan. Namun, tahukah Anda bahwa hal itu semua tidak bisa diraih dengan mudah? Terutama jika kemudian Anda tidak pandai mengelola keuangan bisnis perusahaan Anda.


Menariknya, ada cukup banyak tips dan panduan yang bisa Anda ikuti dalam mengelola keuangan dalam bisnis Anda. Jika Anda dapat menemukan tips yang paling tepat kemudian dapat pula Anda aplikasikan dengan sempurna dalam praktiknya, bisa jadi Anda akan benar-benar menjadi seorang pengusaha yang sukses dan berhasil dalam waktu yang singkat. Atau paling tidak dalam konsekuensi yang paling minimum, bisnis Anda akan lebih kuat imunitasnya terhadap berbagai kondisi sulit yang mungkin akan dihadapi.


Nah, setidaknya ada 7 tips yang paling jitu dalam mengelola keuangan bisnis yang dapat Anda praktikkan dengan mudah. Jika Anda disiplin menerapkan tips ini, hasilnya bukan saja keuangan bisnis Anda akan menjadi lebih sehat. Namun pada sisi yang lain, juga akan meningkatkan omzet perusahaan Anda secara signifikan.


Bisnis apa pun yang Anda kelola, apakah ia bergerak dalam bidang jasa, dalam bidang manufaktur, stok barang dan pergudangan, atau dalam bidang perdagangan sekali pun, tips manajemen keuangan bisnis ini tetap dapat Anda terapkan. Dan hasilnya pastik akan memberi dampak yang sangat positif bagi pertumbuhan yang Anda miliki.


Bagaimana, Anda makin penasaran, kan?


Nah, berikut ini adalah tips-tipsnya.



Tips Pertama: Ingat Selalu; Waktu Adalah Uang

Tips yang paling dasar sebagai cara mengatur keuangan usaha jasa dan keuangan bisnis apa pun adalah dengan melatih diri Anda sebaik mungkin dalam pengelolaan waktu. Dalam tips yang pertama ini, pastikan Anda dapat mengatur waktu yang Anda dan karyawan Anda miliki, benar-benar bernilai bagi perusahaan yang Anda kelola.


Waktu adalah hal paling esensial untuk membedakan seorang yang produktif dengan yang tidak. Semakin banyak waktu yang Anda habiskan untuk berfokus pada hal-hal yang produktif saja, maka ini akan menjadi langkah tidak langsung sebagai cara menyehatkan keuangan perusahaan Anda sendiri.


Pada konteks ini, Anda harus memastikan bahwa pemanfaatan waktu dilakukan dengan sangat baik oleh tim Anda. Apa pun aktivitas yang perusahaan Anda lakukan, pertimbangkan selalu untuk memberikan prioritas dalam penggunaan waktu yang paling efektif dan efisien.



Tips Kedua: Batasi Pengeluaran Tetap Anda di Awal

Tujuan utama dari bisnis apa pun yang baru saja dimulai adalah mencetak keuntungan, profit, atau laba bagi perusahaan. Terkait hal ini, Anda tidak perlu merasa terobsesi untuk terlihat bonavit terlebih dahulu dengan misalnya membangun fasilitas kantor yang mewah di pusat kota. Meskipun tidak selalu terjadi, namun upaya membangun citra yang berlebihan pada awal adalah salah satu hal yang seringkali menjadi momok bagi pebisnis baru.


Dalam langkah yang kedua ini, Anda sebaiknya telah menetapkan besaran pengeluaran yang sejak awal bisnis telah diperhitungkan. Jadi, dengan manajemen keuangan bisnis yang telah ada tetapkan diawal pada sektor pengeluaran dan biaya, Anda setidaknya telah memberikan rem pada kemungkinan pengeluaran yang kebablasan pada proses operasionalnya sendiri di kemudian hari.


Anda pasti setuju kan? jika dalam kondisi yang sulit, bisnis yang memiliki daya tahan paling baik adalah bisnis yang mampu menekan pengeluaran mereka sejak awal?


Nah, Anda pun harus melakukan hal itu untuk membuat bisnis Anda tetap survive dan berkembang dalam berbagai periode masa yang dilaluinya.



Tips Ketiga: Pantau Pengeluaran dengan Ketat

Selanjutnya tips ketiga yang bisa Anda lakukan masih terkait dengan pengeluaran perusahaan yakni; Anda sebisa mungkin dapat memantaunya dengan optimal. Memang pada umumnya, bisnis pada masa awal akan cukup boros dalam hal pengeluaran. Namun itu bukan berarti Anda tidak bisa mengawasinya, kan?


Beberapa pengeluaran yang misalnya dapat Anda evaluasi misalnya adalah mempekerjakan terlalu banyak staf untuk bagian tertentu yang sebenarnya bisa dikerjakan satu atau dua orang saja. Atau pada kasus yang lain misalnya; Anda membelanjakan begitu banyak pengeluaran perusahaan hanya untuk fasilitas kantor yang sebenarnya tidak begitu berpengaruh pada bisnis itu sendiri.


Untuk membantu efiesiensi Anda dalam fase awal seperti ini, Anda dapat memanfaatkan perangkat untuk memantau pengeluaran yang Anda alokasikan. Software laporan keuangan yang komprehensif dan mudah untuk digunakan, bisa menjadi salah satu opsi paling menarik untuk Anda aplikasikan sebagai kontrol pengeluaran yang ideal.



Tips Keempat: Aplikasikan Manajemen Cash Flow yang Paling Baik

Selanjutnya tips yang dapat Anda gunakan dalam mengatur keuangan bisnis sembari melejitkan omzet dengan maksimal adalah dengan memastikan manajemen cash flow perusahaan yang Anda kelola dilakukan dengan sangat optimal.


Manajemen cash flow atau arus kas perusahaan adalah bagian sangat penting dalam perusahaan. Dengan manajemen yang baik dan dibukukan dalam pencatatan yang rapi, Anda akan dapat dengan mudah mengindentifikasi sirkulasi keuangan perusahaan yang Anda miliki. Bagian ini memberi Anda informasi yang lengkap mengenai bagian mana dari seluruh aktivitas perusahaan yang mampu memberi Anda feedback profit yang paling signifikan.


Cash flow perusahaan merupakan rangkuman dari berbagai aktivitas transaksi yang akan memberi pengaruh pada kondisi keuangan perusahaan yang Anda kelola. Cash flow bisa berasal dari aktivitas investasi, penjualan produk yang berbentuk barang atau pun jasa, pinjaman bank, pengeluaran operasional dan lain sebagainya.


Nah, dengan kompleksnya aktivitas cash flow ini lah kemudian yang membuat Anda harus mengelolanya dengan sebaik mungkin.


Jadi, Anda harus memberikan perhatian yang lebih untuk pengelolaan cash flow secara cermat dan komprehensif, ya.



Tips Kelima: Siapkan Keuangan untuk Menghadapi Segala Kemungkinan Buruk yang Mungkin Saja Terjadi

Anda pasti pernah mendengar ungkapan latin; Si vis pacem, para bellum, yang artinya; jika mendambakan perdamaian, maka bersiaplah menghadapi peperangan.


Nah, tips kelima dalam cara mengelola keuangan usaha dagang dan jenis usaha apa pun ini kurang lebih sama yakni; jika mendambakan bisnis Anda tetap tumbuh berkembang dan survive, maka bersiaplah pula untuk menghadapi kondisi yang sulit.


Seorang pebisnis yang bijaksana sudah pasti akan mempersiapkan segala sesuatu untuk menghadapi berbagai tantangan yang ia hadapi di depan. Termasuk misalnya dalam masa-masa yang sulit seperti krisis ekonomi, kemunculan kompetitor yang lebih besar, atau bahkan ketika dunia dirundung pandemi Covid-19 seperti sekarang ini.


Terkait dengan pengelolaan keuangan dalam bisnis, mempersiapkan kondisi sulit artinya Anda mempersiapkan dana cadangan untuk menghadapi kondisi tak terduga yang mengharuskan Anda bertahan lebih lama. Nah, dana ini sendiri misalnya bisa Anda dapatkan dengan cara menganggarkan beberapa persen dan penghasilan rutin yang Anda terima setiap bulannya.


Tidak ada pengusaha yang menginginkan kondisi sulit menimpa bisnis mereka, namun mempersiapkan diri menghadapi segala kondisi yang unpredictable tentu saja adalah langkah yang bijaksana bukan?



Tips Keenam: Pastikan Anda Membayar Diri Anda Sendiri

Tips mengelola keuangan bisnis selanjutnya adalah dengan memastikan bahwa Anda membayar diri Anda sendiri, setidaknya untuk sementara waktu. Artinya adalah Anda sebagai pengusaha atau pengelola bisnis meletakkan prioritas kesehatan laporan keuangan perusahaan terlebih dahulu dibandingkan besaran penghasilan yang Anda terima.


Sebagai contoh; Pada masa-masa awal membangun bisnis yang Anda geluti, jika Anda bisa secara mandiri membersihkan kantor, membuat kopi, atau pun menyusun buku-buku di meja kerja Anda sendiri, maka lebih bijaksana jika Anda tidak membayar jasa office boy terlebih dahulu. Tahan diri Anda untuk sementara mendapat perlakuan yang istimewa, hingga keuangan bisnis Anda benar-benar sudah mengizinkannya.


Langkah sederhana ini akan menghemat pengeluaran perusahaan. Akan tetapi pada intinya adalah; Anda harus mempersiapkan diri untuk menerima penghasilan yang kecil untuk sementara waktu sampai kondisi keuangan perusahaan Anda memberi Anda kelekuasaan untuk mendapatkan lebih banyak feedback yang istimewa.


Tips Ketujuh: Dapatkan Customers Sebanyak Mungkin

Nah, ini dia tips terakhir yang paling powerfull untuk melejitkan omzet bisnis yang Anda kelola, yakni dengan mendapatkan semakin banyak konsumen yang menggunakan jasa Anda, produk Anda, atau apa pun yang Anda tawarkan sebagai subjek utama operasional bisnis yang Anda lakukan.


Perusahaan bisnis apa pun yang Anda miliki, apakah itu perusahaan dagang, perusahaan manufaktur atau produksi, perusahaan yang berfokus pada stok barang, perusahaan yang bergerak di bidang jasa atau layanan, semuanya akan berujung pada pelanggan. Dan dengan bahasa apa pun yang digunakan, menambah jumlah customer atau pelanggan adalah cara klasik yang paling efektif untuk meningkatkan penghasilan perusahaan.


Untuk mendapatkan pelanggan lebih banyak, tentu saja Anda membutuhkan lebih banyak pula sumber daya dan biaya. Anda membutuhkan promosi, iklan, peningkatan pelayanan, diversifikasi produk yang relevan, dan lain sebagainya. Dan untuk melakukan ini semua, tentu saja Anda membutuhkan biaya yang tidak sedikit.


Lantas, bagaimana supaya bisa menekan biayanya namun pelanggan dan pasar tetap bertumbuh? Tentu itu sesuatu yang tidak mudah, kan?


Cara yang paling umum dilakukan adalah dengan melakukan optimasi pada salah satu teknik yang memang sudah terbukti efektivitasnya. Anda dapat mencari formula yang paling tepat bagaimana biaya sektor itu dapat diturunkan sementara pelanggan Anda sendiri tidak berkurang. Hal itu tentu saja adalah hal yang menantang, namun sudah pasti dapat Anda lakukan.


Kendala yang Sering Ditemui Dalam Pengelolaan Keuangan Perusahaan

Berbagai tips dan cara menyusun manajemen keuangan bisnis di atas akan sangat efektif jika bisa dilakukan secara maksimal. Meskipun demikian, akan selalu ada kendala yang dihadapi dalam cara mengatur keuangan usaha jasa atau keuangan usaha bidang apa pun. Dan salah satu kendala yang paling sering dikeluhkan adalah rumitnya penyusunan laporan keuangan itu sendiri.


Bagi seorang enterpreuneur pemula, menyusun pembukuan keuangan bisa jadi merupakan kesulitan tesendiri. Apalagi tanpa background pendidikan akuntansi yang tepat, hal ini bisa saja membuatnya terlihat sangat rumit untuk dilakukan.


Ada begitu banyak aktivitas bisnis yang harus dicermati, dikonversi dalam angka-angka, dikelompokkan sesuai jenisnya, kemudian dianalisa supaya bisa menjadi acuan bagi langkah perusahaan selanjutnya. Bagi sebagian besar pengusaha pemula, rangkaian ini tentu saja sangat tidak mudah untuk dikerjakan.


Lantas, bagaimanakah mengatasi kendala ini?


Ini menarik, karena solusinya ada di bagian akhir artikel ini. Jadi, tetap dibaca sampai selesai, ya.


Program Excel Sebagai Solusi Istimewa Mengelola Keuangan Bisnis

Untuk membantu Anda menjalankan berbagai tips mengelola keuangan bisnis dengan mudah dan mencapai omzet yang maksimal seperti yang diuraikan di atas, maka www.programexcel.id adalah pilihan yang istimewa. Program Excel adalah software akuntansi yang akan memudahkan Anda untuk menyusun laporan keuangan jenis apa pun yang Anda butuhkan dalam menjalankan roda bisnis.


Program Excel dirancang secara istimewa untuk memudahkan semua proses pembukuan akuntansi. Bahkan untuk Anda yang mungkin sangat awam dengan pembahasan tentang akuntansi, software ini akan membuat Anda dapat memahami dan mengimplementasikannya dengan sangat mudah.


Secara sederhana yang perlu Anda lakukan hanyalah mencatat keseluruhan transaksi bisnis Anda dalam jurnal umum, untuk selanjutnya semua akan berjalan otomatis dan angka-angka final serta analisanya bisa Anda dapatkan dengan mudah.


Bagaimana? Sangat menarik untuk Anda, bukan?


Tetapi, apa saja sih keuntungan yang akan Anda dapatkan dari software akuntansi Program Excel itu sendiri sehingga demikian layak direkomendasikan?


Berbagai Keunggulan yang akan Anda Dapatkan dengan hanya menggunakan Software Akuntansi Program Excel

Mungkin Anda yang sudah pernah menggunakan software akuntansi bertanya-tanya; apakah, sih keunggulan Program Excel dibandingkan software akuntansi lainnya?


Tentu saja ada banyak keunggulan Program Excel yang dapat Anda manfaatkan untuk memudahkan pekerjaan Anda dalam pengelolaan keuangan bisnis atau usaha. Untuk memudahkan Anda, berikut adalah beberapa keunggulannya yang paling signifikan;

  • Sangat hemat, karena Anda cukup investasi satu kali untuk pemakaian selamanya.

  • Bebas biaya berlangganan.

  • Memberi Anda kesempatan untuk menghemat banyak waktu, menghemat banyak tenaga, dan juga menghemat banyak biaya.

  • Dilengkapi dengan HPP Penjualan dan HPP Produksi yang semuanya serba otomatis.

  • Setiap pembelian software akuntansi jenis apa pun di Program Excel berhak mendapatkan 16 super bonus accounting gratis yang akan membuat pekerjaan Anda semakin mudah.

  • Dapat dioperasikan pada banyak komputer tanpa harus membeli lisensi tambahan.

  • Masa berlaku tanpa batas waktu atau dapat menjadi investasi seumur hidup.

  • Lebih sederhana sistem operasinya sehingga cocok untuk usaha kecil dan menengah.

  • Dapat dimodifikasi sesuai dengan kebutuhan usaha.

  • Dilengkapi video tutorial penggunaan step by step dari awal hingga menjadi laporan keuangan.

  • Dapat dicoba secara gratis sebelum Anda memutuskan untuk membeli.


Selain berbagai keunggulan tersebut, Program Excel juga sangat lengkap untuk mengakomodasi semua jenis perhitungan keuangan yang Anda butuhkan. Anda yang bergerak dalam bisnis apa pun saja, bagaimana pun skala usahanya, tetap dapat menggunakan program ini dengan mudah.


Beberapa jenis software akuntansi dari Program Excel yang dapat Anda pilih berdasarkan jenis usaha yang Anda miliki misalnya adalah;

  • Anda yang berbisnis dalam layanan jasa atau servis dapat menggunakan program akuntansi jasa.

  • Anda yang berbisnis dalam bidang perdagangan dapat menggunakan program akuntansi dagang.

  • Anda yang berbisnis dalam sektor produksi dapat menggunakan program akuntansi manufaktur.

  • Dan Anda yang bergelut dalam bisnis yang mengharuskan up date perubahan stok barang setiap saat dapat menggunakan program akuntansi stok barang. Program ini bahkan dilengkapi pula dengan analisis penjualan barang, analisis reseller, hingga daftar salesman yang Anda gunakan. Bagaimana? Lengkap sekali, kan?

Nah, dengan segala keunggulan yang dimilikinya itu, Anda bisa bayangkan bagaimana mudah dan otomatisnya semua pekerjaan pembukuan keuangan yang dapat Anda lakukan menggunakan software dari Program Excel.


Pembukuan akuntansi yang bagus dengan didukung oleh software yang tepat bukan saja akan memberi kemudahan bagi pekerjaan akuntansi perusahaan yang Anda kelola. Bahkan lebih jauh, pencatatan akuntasi yang sempurna juga akan memberi ruang untuk mengaplikasikan 7 tips mudah mengelola keuangan bisnis seperti yang sudah dijabarkan sebelumnya.


Dan jika hal itu kemudian benar-benar mampu Anda terapkan dengan baik, ledakan omzet dan lonjakan laba perusahaan Anda, hanya menunggu waktu saja untuk menjadi kenyataan.



DENGAN SOFTWARE INI MENYUSUN LAPORAN KEUANGAN DAN AKUNTANSI BISA SEMUDAH MENG-UP DATE STATUS DI SOSIAL MEDIA


TIDAK PERCAYA? KLIK DISINI UNTUK MEMBUKTIKANNYA


12 views0 comments