Search

6 TIPS CARA MELUNASI HUTANG DENGAN CEPAT DAN HALAL YANG BISA DILAKUKAN

Updated: Jan 13



Banyak orang bertanya tentang bagaimana cara melunasi hutang yang paling cepat dan efektif ketika kondisi keuangan sedang dalam masa yang sulit? Ini tentu saja bukan sesuatu yang mudah untuk dilakukan. Akan tetapi dengan konsistensi dan kesungguhan, tentu saja hal ini juga tidak mustahil untuk bisa dilakukan.


Upaya untuk keluar dari lilitan hutang juga menjadi semakin mungkin dicapai dengan cepat jika dapat mempraktikkan berbagai tips dan cara yang efektif. Selain dapat membantu anda untuk bisa lepas dari jeratan hutang, tips dan cara yang efektif juga mampu membantu anda untuk lebih bijak dalam menangani masalah keuangan.


Lantas, bagaimana cara dan tips melunasi hutang yang dapat dilakukan dengan cepat dan halal? Yuk, simak ulasannya berikut ini.


Beberapa Tips dan Cara Melunasi Hutang dengan Cepat dan Sangat Mudah Dipraktikkan



Hutang seringkali menjadi problem yang rumit bagi sebagian orang. Selain tentu saja dapat membuat kesehatan finansial menjadi terganggu, hutang juga dapat berpengaruh secara mental dan emosional. Oleh karena itulah sebenarnya, sebisa mungkin hindarilah kebiasaan berhutang.


Akan tetapi jika kemudian anda dengan terpaksa tidak dapat menghindari hutang, maka anda tentu saja harus berpikir dengan serius cara melunasinya. Dengan tekad dan kesungguhan, cara melunasi hutang dengan cepat dan halal sebenarnya tidak begitu sulit untuk diterapkan.


Nah, apa sajakah tips dan cara membayar hutang yang menumpuk yang bisa dilakukan dengan mudah? Berikut adalah yang bisa kamu praktiknan.


Catat Seluruh Hutang yang Anda Miliki



Langkah pertama yang harus anda lakukan jika ingin segera terbebas dari hutang adalah dengan tertib administrasi dan pencatatan. Praktiknya dalam hal ini adalah dengan mencatat secara rapi, teliti, dan detail hutang yang anda miliki.


Dalam proses pencatatan ini anda bisa melakukan metode berdasarkan jumlah hutang atau pun lama jatuh temponya. Pada beberapa saran dan cara melunasi hutang dengan cepat adalah dengan memprioritaskan pembayaran hutang pada jumlah yang terkecil dahulu supaya selanjutnya tidak membebani lagi, hingga anda bisa berfokus pada yang lebih besar.


Metode yang lain yang juga sering disampaikan adalah dengan membayar hutang yang jatuh temponya paling dekat. Hal ini tentu saja supaya anda terhindar dari kemungkinan denda bunga atau penalty yang dikenakan karena proses pembayaran yang melewati deadline.


Kelola Gaji Bulanan yang Anda Miliki Sebaik Mungkin



Langkah selanjutnya yang dapat anda lakukan sebagai cara melunasi hutang bank dengan cepat atau hutang lainnya adalah dengan mengelola pemasukan reguler anda sedisiplin mungkin. Pemasukan reguler yang dimaksud disini misalnya adalah gaji bulanan yang anda miliki.


Pengelolaan gaji bulanan untuk membayar hutang tentu saja dapat dilakukan dengan berbagai cara. Namun yang paling umum disarankan adalah dengan membuat persentase yang jelas berbagai kebutuhan yang anda miliki. Pengelompokan berbagai kolom kebutuhan ini selain dapat membantu anda untuk lebih cepat melunasi hutang, juga mampu melatih anda untuk lebih disiplin memperlakukan pemasukan.


Ada cukup banyak persentase yang disarankan mengenai bagaimana membagi penghasilan bulanan. Dalam persentase ini, anda dapat memilih berapa angka yang paling proporsional untuk dapat digunakan membayar hutang.


Hal penting yang perlu diingat pada langkah ini adalah; selain membayar hutang anda juga harus menentukan persentase lain bagi kebutuhan anda seperti untuk konsumsi, kebutuhan tak terduga, transportasi, biaya hiburan, dan lain sebagainya.


Cari dan Dapatkan Penghasilan Tambahan



Supaya dapat lebih cepat melunasi hutang yang anda miliki, anda tentu saja membutuhkan lebih banyak pemasukan. Jika selama ini gaji bulanan adalah satu-satunya sumber penghasilan yang anda miliki, maka setelah memiliki tekad untuk melunasi hutang, anda harus melakukan hal lain supaya jumlahnya mencukupi.


Anda tentu tidak bisa menghabiskan lebih dari 50 persen penghasilan anda hanya untu membayar hutang. Hal ini tidak mungkin dapat dilakukan ketika anda juga memiliki keluarga yang butuh dipenuhi keperluannya, anda juga punya kendaraan yang butuh bahan bakar, atau anda mungkin juga punya tanggungan biaya pendidikan anak dan lain sebagainya.


Jika sudah seperti ini dan tidak dapat mengurangi lebih banyak lagi gaji bulanan, lantas apa yang bisa anda lakukan sebagai cara melunasi hutang riba atau non riba dengan cepat tanpa mengganggu kebutuhan? Satu-satunya opsi yang paling mungkin adalah dengan menambah sumber penghasilan atau mencari pemasukan tambahan.


Bagaimana kemudian untuk mendapatkan penghasilan tambahan?


Nah, ini sepenuhnya menjadi wilayah kreativitas dan kemampuan inovasi anda sendiri. Anda misalnya bisa membuka kursus dan menjual skill anda dalam mengajar, anda bisa memulai bisnis online dengan menjadi reseller dan dropshiper. Atau jika anda pandai memasak, anda juga bisa mulai menjajakan makanan buatan anda melalui berbagai macam platform di sosial media.


Segera Mulai Gaya Hidup Hemat



Untuk bisa keluar dan terbebas dari hutang yang anda miliki, anda harus memperhatikan gaya hidup anda selama ini. Tahan sebisa mungkin untuk membeli barang yang sebenarnya tidak anda butuhkan. Berfokuslan pada menggunakan uang sebijaksana mungkin hanya untuk hal-hal yang memang sudah menjadi kebutuhan anda.


Hemat memang tidak serta merta menjadikan anda kaya, namun boros sudah pasti akan membuat anda menjadi miskin dan kesulitan dalam masalah finansial. Jika selama ini anda adalah tipe orang yang hura-hura dan dengan gampang menghamburkan uang untuk berbagai keperluan yang sebenarnya tidak penting, maka ketika anda ingin melunasi hutang, anda harus mengubah pola hidup anda yang seperti itu.


Perlombaan mengejar materi tidak akan mencapai garis finish. Anda harus mengingat kalimat ini sebagai salah satu motto anda untuk hidup hemat dan memberikan prioritas yang realistis dalam kehidupan finansial anda. Memperturutkan ego dan gaya hidup boros akan membuat anda sangat dekat dengan jurang kebangkrutan. Alih-alih mampu membuat anda bisa melunasi hutang lebih cepat dan efektif.


Gunakan Anggaran Darurat atau Jual Aset



Jika seumpamanya hutang yang anda miliki adalah jenis hutang yang berbahaya dan berisiko tinggi, seperti pinjaman online dengan bunga yang kadang terus bertumbuh melebihi besar hutangnya sendiri, maka anda memang membutuhkan lanngkah-langkah yang lebih intensif untuk segera menyelesaikannya.


Beberapa cara melunasi hutang pinjaman online yang cukup intensif misalnya adalah dengan menjual aset yang dimiliki, atau juga menggunakan dana darurat yang selama ini mungkin telah anda anggarkan. Hal ini memang terasa sangat sulit dilakukan. Namun mengambil langkah ini akan jauh lebih baik dari pada membiarkan bunga dan persentase riba hutang yangn membuat anda sendiri kaget melihat pertumbuhan angkanya.


Dana darurat yang dianggarkan untuk hal-hal tidak terduga seperti sakit dan lain sebagainya, dapat dipergunakan untuk menyelesaikan jenis hutang yang berisiko tinggi seperti pinjaman online tersebut. Namun, jika anda misalnya memiliki aset yang dapat anda jual untuk melunasi hutang seperti ini, maka itu juga bisa dilakukan.


Mintalah Bantuan Pihak yang Berpengalaman



Langkah terakhir yang anda bisa lakukan lagi sebagai usaha supaya terbebas dari hutang adalah dengan meminta bantuan pihak-pihak yang memang memiliki kapasitas dan kapabilitas dalam urusan penyelesaian hutang bermasalah.


Anda dapat berkonsultasi kepada profesional seperti ini. Dan mereka pada umumnya akan memberikan kepada anda beberapa pilihan yang dapat anda ambil supaya bisa keluar dari lilitan hutang yang anda miliki. Sebagai konsekuensi dari pilihan ini, anda juga tentu saja harus membayar jasa konsultasi kepada mereka.


Untuk itu, sebelum menggunakan jasa ini, pastikan jumlah hutang, besaran biaya konsultasi dan juga solusi yang ditawarkan, ideal dan proporsional untuk anda terima.


Lakukan Ini Sekarang!



Pada umumnya dan hampir selalu pasti dilakukan, bahwa langkah pertama yang disarankan untuk bisa bebas dari hutang adalah dengan mencatat secara detail serta sistematis hutang dan aliran transaksional yang anda miliki. Pencatatan yang rapi dan sistematis akan membuat anda mampu melihat, menganalisa, serta menemukan celah untuk dapat menyelesaikan hutang anda dengan cara yang cepat dan efektif.


Menariknya hari ini, pencatatan yang akuntabel dan sistematis itu tidaklah sulit untuk dilakukan. Anda tidak perlu menggunakan buku berjilid-jilid lagi untuk mencatat dan menghitung secara manual. Sebaliknya, anda juga tidak harus pusing dengan mengaplikasikan sistem yang rumit dan mungkin sulit untuk dikerjakan.


Programexcel.id menyediakan berbagai program siap pakai yang dapat anda gunakan dengan sangat mudah, akuntabel, otomatis, sistematis dan juga anti ribet. Karena bentuk programnya adalah excel, maka anda dengan sangat mudah tinggal memasukkan angka-angkanya saja untuk kemudian proses penghitungan formula dan rumus akan dilakukan secara otomatis oleh aplikasinya.


Akuntansi yang baik dan rapi adalah bagian paling utama dari kesehatan finansial. Termasuk dalam hal ini adalah kondisi terbebas dari hutang yang sedang anda miliki. Teliti dan rapilah dalam membuat pembukuan, gunakan pemasukan anda sebijak mungkin, dan yang pasti; berdoalah juga pada Tuhan secara sungguh-sungguh; supaya anda diberi cara melunasi hutang yang cepat dan halal untuk bisa segera anda lakukan.


Semoga bermanfaat dan selamat mempraktikkan tips di atas.


KLIK TAUTAN INI UNTUK MENDAPATKAN APLIKASI TRIAL PEMBUKUAN OTOMATIS DARI PROGRAM AKUNTANSI EXCEL SIAP PAKAI SECARA GRATIS

7 views0 comments

ProgramExcel.ID

Jl. Manunggal Pratama No.8 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta Timur.

Jakarta - Indonesia, 13620.

Email : admin@programexcel.id

Call / WA : 0852 1355 6300

Tentang Kami

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube