Search

INI DIA 5 CARA MENGATUR GAJI BULANAN YANG PRAKTIS SEBERAPA PUN JUMLAHNYA

Updated: Mar 19



Pernahkan anda mendengar seseorang yang memiliki gaji bulanan kecil namun bisa mencukupi semua kebutuhannya dengan baik? Atau sebaliknya; ada orang yang memiliki penghasilan cukup lumayan, namun selalu merasa kesulitan keuangan? Bagaimana pun alasannya, dua hal ini sangat erat kaitannya dengan kemampuan dan cara mengatur gaji bulanan yang efektif dan rapi.


Nah, bagaimana sebenarnya cara mengelola pendapatan yang baik, efisien dan tepat, supaya semua kebutuhan dapat tercukupi dengan baik setiap bulannya? Yuk, baca ulasannya berikut ini.



5 Tips atau Cara Mengatur Gaji Bulanan Dengan Baik dan Efektif Seberapa pun Jumlahnya



Pada dasarnya kemampuan untuk mengelola pengeluaran dengan baik, adalah kunci utama dari kesuksesan seseorang dalam mengelola keuangan mereka. Gaji yang tinggi dengah jumlah yang besar sekali pun tidak dapat menjadi jaminan jika kemudian pengelolaan pengeluarannya tidak tertata. Akan tetapi di sisi yang lain, jumlah gaji bulanan yang terbatas pun sebenarnya dapat dioptimalkan jika dikelola dengan sebaik mungkin.


Ada banyak cara mengatur keuangan pribadi yang dapat ditemukan dengan mudah di berbagai media. Cara-cara ini mungkin saja sudah sering didengar dan dibaca sehingga terasa cukup akrab di telinga. Namun yang menjadi masalah adalah, ternyata cara-cara seperti ini pun seringkali tidak dapat bekerja dengan baik dikarenakan berbagai alasan di dalamnya.


Untuk itu, cara mengatur gaji pertama dan pendapatan-pendapatan selanjutnya dalam artikel ini akan lebih difokuskan kepada teknis praktisnya langsung. Dengan kesungguhan dan komitmen, tips praktis pengelolaan pendapatan berikut ini akan memberikan feedback yang lebih efektif untuk anda, selama dilakukan dengan sungguh-sungguh.


Lantas, apa sajakah tips praktis yang dapat dilakukan dalam pengelolaan gaji atau pendapatan bulanan? Berikut ini daftarnya.



Bijak Menentukan Pengeluaran



Langkah pertama dan paling penting dalam upaya pengelolaan keuangan adalah dengan bijak dalam menentukan pengeluaran. Ketidakmampuan menahan diri untuk membelanjakan uang secara bebas adalah sumber utama yang menjadikan mengapa berapa pun penghasilan seseorang kadang tidak pernah terasa cukup.


Kemampuan dan cara mengatur gaji bulanan yang kecil dan terbatas diawali dengan kemampuan untuk menahan diri dari mengeluarkan uang untuk sesuatu yang mungkin sebenarnya tidak benar-benar dibutuhkan. Semakin baik anda mengatur prioritas pengeluaran yang anda lakukan, maka semakin baik pula nantinya kondisi finansial yang mampu anda dapatkan.


Cara mengatur gaji bulanan 5 juta atau 2 juta atau bahkan satu juta sekali pun, pada prinsipnya adalah sama. Dan prinsip pokok paling penting dalam tahapan ini adalah dengan memberlakukan skala prioritas yang selektif untuk pengeluaran yang dilakukan.



PENASARAN MAU COBA GRATIS PROGRAM AKUNTANSI EXCEL SIAP PAKAI UNTUK MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN? KLIK DISINI!



Biasakan Memiliki Pencatatan yang Rapi



Memiliki pencatatan yang rapi adalah salah satu hal sangat penting dalam manajemen finansial. Apakah anda sedang berbicara tentang cara mengatur keuangan pribadi atau cara mengatur keuangan yang lebih besar semacam perusahaan dan lain sebagainya, tetap saja pencatatan yang rapi, pembukuan yang tertip dan cermat, adalah salah satu fondasi yang tidak dapat ditinggalkan.


Memiliki catatan yang rapi tentang pendapatan dan pengeluaran akan membantu anda untuk hidup disiplin tentang finansial. Selain itu, kebiasaan satu ini juga akan mampu membantu anda untuk melakukan review secara berkala mengenai untuk apa sajakah pendapatan anda selama ini dihabiskan. Ketika anda mendapatkan sesuatu yang mungkin adalah kesalahan dalam catatan pembukuan anda, maka anda mungkin akan tertarik untuk segera memperbaikinya.


Untuk gaji bulanan dan keuangan pribadi, pencatatan tentu saja dapat dilakukan secara sederhana. Akan tetapi jika anda misalnya memiliki beragam sumber pendapatan, atau pun memiliki usaha sampingan yang juga menyumbangkan pendapatan rutin ke kantong anda, pembukuan yang lebih lengkap dan struktural tentu saja akan lebih baik.




Aplikasikan Gaya Hidup Sederhana



Apakah anda pernah mendengar keluhan pegawai yang memiliki gaji 5 juta setiap bulannya? Sementara anda juga menemukan hal bertolak belakang pada seseorang yang bahkan memiliki penghasilan lebih kecil daripada itu? Selain memahami konsep kesyukuran, hal ini dapat juga dipengaruhi olah gaya hidup yang diaplikasikan oleh masing-masing pegawai.


Saat memiliki pendapatan yang masih kecil, seseorang memahami dengan baik cara mengatur keuangan dengan gaji 1 juta per bulan, sehingga ia membelanjakan hanya kepada hal-hal prioritas saja. Namun hal ini menjadi unik kemudian, ketika gajinya mungkin meningkat secara jumlah atau bahkan berlipat ganda, namun ia justru malah kekurangan.


Gaya hidup sangat berpengaruh untuk hal ini. Saat memiliki gaji kecil seseorang merasa cukup dengan hanya menggunakan sepeda motor untuk pergi ke kantor. Namun ketika gajinya meningkat, gaya hidup menuntutnya untuk mendatangi dealer mobil dan mengajukan kredit. Ini adalah salah satu contoh dari bagaimana gaya hidup dapat mempengaruhi keuangan secara signifikan.


Gunakan Pos –Pos Pengeluaran yang Tepat



Pernahkan anda mendengar strategi dan cara mengelola uang dengan rumus 1234 dan rumus-rumus finansial lainnya?


Hal ini mungkin terdengar terlalu klise dan konvensional, akan tetapi penerapan yang bagus pada rumus yang tepat, sesungguhnya akan tetap sangat bermanfaat untuk anda. Namun selain rumus, menempatkan pengeluran pada pos-pos yang efektif dan efisien juga akan sangat baik jika diaplikasikan dengan benar.


Lalu, apa saja pos-pos pengeluaran yang bisa diaplikasikan sebagai cara mengatur pendapatan yang anda miliki? Setidaknya ada 7 pos pengeluaran yang dapat anda jadikan konsep berdasarkan besaran persentase gaji bulanan yang anda terima. Pos-pos tersebut adalah sebagai berikut;


40% Pos Pengeluaran Rutin


Anggarkan sebesar setidaknya 40 persen dari total gaji bulanan anda untuk pengeluaran yang sifatnya rutinitas. Sesuai dengan kebutuhan anda sendiri, anda tentu bisa menentukan apa saja pengeluaran rutinitas yang anda miliki. Akan tetapi sebagai contoh, pengeluaran rutin misalnya meliputi; makan, transportasi, listrik, air, dan juga internet.


20% Pos Pengeluaran Cicilan atau Utang


Selanjutnya pos kedua yang harus anda sisihkan dari besaran gaji bulanan anda adalah pos utang atau cicilan. Jika seumpamanya anda memiliki cicilan kendaraan bermotor, properti atau bahkan perlengkapan rumah tangga sekali pun, 20 persen dari penghasilan anda setiap bulannya, dapat digunakan untuk meng-handle bagian ini.


BACA JUGA: TIPS PENTING MELUNASI HUTANG YANG MUDAH UNTUK DIPRAKTIKKAN


10% Pos Investasi



Beberapa tips dan cara mengatur gaji bulanan kadang menempatkan pos investasi pada daftar teratas dengan pesentase bahkan mencapai 20 persen lebih. Ini tentu saja tidak salah dan memiliki dampak positif di masa mendatang. Namun, untuk anda yang memiliki pendapatan bulanan terbatas, nilai 10% untuk investasi setiap bulannya sudah cukup bagus untuk diaplikasikan.


10% Pos Asuransi


Pada beberapa orang mungkin saja memiliki pendapat dan pandangan yang berbeda mengenai asurasi dan segala prosesnya. Namun, ada baiknya bagi anda dalam prinsip dan cara mengelola pendapatan bulanan, tetap meletakkan pos asuransi sebagai salah satu rutinitas untuk dilakukan. Nilai dari pos ini bisa anda letakkan pada angka maksimal 10 persen misalnya.


10% Pos Lifestyle atau Entertaint




Gaya hidup bukanlah sesuatu yang salah, hanya saja ia harus disikapi dengan bijakasana dan disesuaikan dengan kemampuan. Anda bisa menyiapkan misalnya 10% persen dari total gaji bulanan yang anda miliki untuk hal ini. Penerapannya bisa beragam, bisa untuk kesenangan, hiburan, liburan, membeli barang koleksi baru, dan lain sebagainya.


5% Pos Emergency atau Dana Darurat


Perlu juga bagi anda untuk menyiapkan pos dana darurat setiap bulannya untuk mengantisipasi berbagai hal yang mungkin terjadi di luar dugaan dan membutuhkan biaya. Pada dasarnya dana darurat ini dapat anda batasi 5 persen setiap bulannya.


5% Pos Sosial dan Sedekah


Pada persentase pembagian gaji menurut islam, pos untuk sedekah dan sosial ada pada urutan pertama. Dan tentu saja anda juga dapat mengaplikasikannya dalam metode ini pula. Pos sosial ini dapat dialokasikan sebagai sedekah untuk kaum duafa, untuk panti asuhan, atau untuk hal lain yang menurut penilaian anda, layak untuk anda bantu.


Tingkatkan dan Perbanyak Rasa Syukur



Tips kelima sebagai cara mengatur gaji bulanan yang terakhir adalah dengan meningkatkan rasa syukur anda sendiri. Ini mungkin memang terdengar unik, namun benar bahwa korelasi antara kemampuan untuk bersyukur berkaitan erat dengan kecukupan. Refleksinya adalah; semakin besar rasa syukur yang anda miliki, semakin besar juga peluang semua kebutuhan anda akan tercukupi.


Jadi, seberapa pun gaji bulanan yang anda miliki, iringilah selalu dengan rasa syukur dan berterimakasih kepada Tuhan. Selain membuat anda lebih tenang dan bahagia, rasa syukur juga akan membuat kesehatan pikiran dan mental menjadi lebih terjaga.


Nah, sebagai penutup dari artikel ini, sekali lagi pencatatan dan pembukuan adalah hal penting dalam mengatur dan mengelola keuangan anda. Baik untuk keuangan pribadi, lebih-lebih lagi untuk keuangan usaha dalam skala yang lebih besar. Dan sekarang, untuk mempermudah anda dalam pembukuan dan pencatatan, Anda bisa menggunakan programexcel.id.


Apa itu ProgramExcel.id? Ini adalah website yang menyediakan program excel atau aplikasi berbasis excel untuk membuat pembukuan usaha dan laporan keuangan. Cara pengunaannya simple dan otomatis. Hanya cukup memasukkan semua transaksi usaha ke Jurnal umum maka buku besar dan laporan keuangan akan tersaji real time. Program ini akan sangat membantu Anda dan menghemat banyak waktu serta biaya untuk membuat pembukuan dan laporan keuangan. Pendek kata: penggunaannya sangat mudah!


Segera pilih untuk di download program excel ini dan segera dapatkan manfaatnya untuk anda. Bahkan sebagai uji coba sebelum membeli, anda bisa menggunakannya secara gratis melalui tautan yang disediakan di bawah ini. Silahkan di klik link di bawah ini untuk mendapatkan Coba Gratis Program Excel!






PENASARAN MAU COBA GRATIS PROGRAM AKUNTANSI EXCEL SIAP PAKAI UNTUK MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN? KLIK DISINI!



22 views0 comments

ProgramExcel.ID

Jl. Manunggal Pratama No.8 Kelurahan Cipinang Melayu Kecamatan Makasar Jakarta Timur.

Jakarta - Indonesia, 13620.

Email : admin@programexcel.id

Call / WA : 0852 1355 6300

Tentang Kami

  • Facebook
  • Instagram
  • YouTube