Search

TERBUKTI! INILAH 5 LANGKAH PENTING DALAM ANALISIS LAPORAN KEUANGAN PERUSAHAAN

Updated: Mar 19



Dalam melakukan analisis laporan keuangan perusahaan, ada beberapa langkah yang paling penting untuk diterapkan. Langkah-langkah ini selain akan membantu Anda dalam memudahkan proses analisa, juga dapat memberi Anda kesimpulan analisis yang lebih komprehensif pada objek analisisnya sendiri.


Nah, apa sajakah langkah dalam analisis bentuk laporan keuangan perusahaan yang dapat Anda terapkan dengan mudah?


Berikut ulasan lengkapnya.


5 Langkah Paling Signifikan Dalam Melakukan Analisis Laporan Keuangan Perusahaan



Menganalisa sebuah laporan keuangan adalah bagian paling penting dalam control area sebuah perusahaan. Apakah Anda berkecimpung dalam perusahaan jasa, perusahaan dagang, atau perusahaan manufaktur, memahami dan kemampuan menganalisa laporan keuangan adalah bagian paling fundamental yang sudah semestinya dapat Anda lakukan.


Tujuan dari analisis rasio aktivitas laporan keuangan adalah untuk mengetahui apakah perusahaan sudah berjalan efektif atau tidak. Dari hasil laporan analisis tersebut, dapat diketahui titik keunggulan mau pun kelemahan yang dimiliki oleh perusahaan. Dengan demikian, perusahaan akan memiliki kesempatan untuk melakukan perbaikan-perbaikan yang berkonsentrasi pada bidang tertentu untuk meningkat performance-nya didalam bisnis.


Nah, menganalisis laporan keuangan sendiri bukan sebuah perkara yang gampang untuk dilakukan. Tanpa basic pengalaman yang memadai, atau tanpa dibekali dengan pengetahuan yang baik mengenai accounting, mustahil rasanya seseorang mampu melakukannya secara sempurna.


Namun berita baiknya dari semua proses ini adalah; Anda dapat mempelajarinya. Dan salah satu cara paling tepat untuk memulainya adalah dengan mempelajari langkah-langkah apa yang dilakukan dalam proses analisa laporan keuangan perusahaan jasa dan lain sebagainya.


Berikut ini adalah langkah-langkah yang dapat Anda terapkan :



PENASARAN MAU COBA GRATIS PROGRAM AKUNTANSI EXCEL SIAP PAKAI UNTUK MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN? KLIK DISINI!



Langkah Pertama: Mengindentifikasi Strategi Perusahaan



Langkah pertama yang harus Anda terapkan adalah dengan mengidentifikasi secara menyeluruh strategi perusahaan yang bersangkutan. Termasuk dalam identifikasi ini adalah menganalisa keunikan produk, kontrol biaya, penciptaan loyalitas terhadap merek atau brand, dan juga tingkat margin laba yang ditetapkan.


Dalam langkah yang pertama, faktor-faktor lain yang dapat Anda perhatikan pula sebagai bagian dari objek identifikasi adalah integrasi rantai pasokan, diversifikasi industri, diversifikasi geografis, dan lain sebagainya.


Intinya adalah; semakin komprehensif identifikasi yang bisa Anda lakukan pada aktivitas dan strategi perusahaan, akan semakin baik pula analisis yang dapat Anda hasilkan.


Langkah Kedua: Menilai Kualitas Laporan Keuangan Perusahaan



Langkah kedua adalah dengan meninjau laporan keuangan dagang suatu perusahaan berdasarkan konteks standar akuntansi yang relevan. Hal ini akan menuntut Anda untuk melakukan inspeksi ketat mengenai bagaimana keabsahan akun neraca, cash flow, dan juga laba rugi pada perusahaan.


Saat meninjau akun neraca, Anda perlu mencermati segala bentuk klasifikasi, pengakuan, atau pun penilaian sebagai kunci penting evaluasi. Acuan utamanya adalah untuk mengidentifikasi apakah neraca tersebut benar-benar merupakan representasi dari kondisi ekonomi perusahaan yang sesungguhnya ataukah tidak?


Hal ini juga perlu Anda terapkan saat meninjau kualitas dari laporan laba rugi. Dalam hal ini Anda juga harus mencermati apakah laporan keuangan laba rugi tersebut benar-benar menjadi representasi kinerja perusahaan ataukah tidak? Sementara pada cash flow atau arus kas, Anda pun dituntut untuk mengevaluasi berbagai posisi likuiditas perusahan dari sisi operational activity, investment activity, atau pun financing activity.


Langkah Ketiga: Menganalisa Tingkat Risiko dan Profitablitas Perusahaan



Kemampuan seorang analis keuangan dalam menganalisa tingkat profitabilitas dan risiko adalah salah satu nilai paling signifikan baginya dalam meningkatkan reputasinya sebagai seorang financial profesional.


Dalam melakukan peninjauan dan analisis bagian ini, Anda harus lebih memfokuskan perhatian pada sektor yang berhubungan erat dengan manajemen aset, likuiditas, manajemen utang, risiko pasar, dan profitabilitas. Dalam profitabilitas misalnya, dua fondasi pertanyaan paling krusial yang dapat Anda ajukan dalam analisa adalah sebagai berikut;

  • Seberapa menguntungkan operasional dan strategi perusahaan terhadap aset yang dimilikinya selama ini?

  • Seberapa menguntungkan kinerja perusahaan dari perspekfif para pemegang ekuitas saham?

Langkah Keempat: Mempersiapkan Laporan Keuangan Prediksi



Berdasarkan analisa yang evaluasi mendalam yang telah dilakukan pada ketiga langkah sebelumnya, Anda sebagai seorang analis finansial kemudian dituntut pula untuk membuat sebuah perkiraan mengenai kondisi keuangan perusahaan yang Anda analisa.


Perkiraan dan prediksi laporan keuangan jasa juga harus diawali dengan asumsi Anda yang kuat mengenai masa depan perusahaan dan sektor yang digarapnya. Asumsi ini kemudian harus masuk akal dengan dampak yang dihasilkannya terhadap arus kas, laba rugi, risiko dan juga stabilitas keuangan perusahaan.


Langkah Kelima: Memberi Nilai Perusahaan



Langkah terakhir dalam proses analisis laporan keuangan adalah dengan memberi nilai segala bentuk aktivitas keuangan perusahaan yang sudah dianalisa.


Metodologi yang paling umum diterapkan dalam proses penilaian ini misalnya adalah DCF (Discounted Cash Flow) atau yang lebih populer dengan sebutan Arus Kas Diskonto di Indonesia. Arus kas ini dapat berbentuk nilai dividen yang diperkirakan atau bisa juga dengan nilai cash flow bebas ke para pemegang saham.


BACA JUGA:





Nah, itu adalah langkah-langkah yang dapat Anda lakukan dalam melalukan analisis laporan keuangan perusahaan. Dengan menerapkan langkah-langkah yang tepat dan sistematis semacam ini, diharapkan proses analisis dapat menghasilkan sebuah konklusi nilai yang aktual, solutif dan mampu menjadi referensi utama bagi perusahaan untuk mengevaluasi dan menyusun strategi selanjutnya.


Sebagai seorang yang menggeluti bidang akuntansi, Anda jelas membutuhkan alat bantu software akuntansi excel untuk menunjang pekerjaan Anda. Sebab jika pembuatan laporan keuangan Anda lakukan dengan manual, selain sangat menguras waktu, Anda akan ditinggal pesaing ketat Anda yang sudah pasti menggunakan aplikasi akuntansi otomatis.


Sekarang, kabar baiknya Anda dapat menggunakan Program Excel Akuntansi di bawah ini untuk membuat laporan keuangan yang Anda kelola menjadi sistematis, sangat mudah dan hemat waktu dan tenaga. Pembukuan perusahaan menjadi otomatis dan selanjutnya keputusan vital di perusahaan bisa segera diambil untuk meningkatkan performa kinerja perusahaan. Terlebih lagi tersedia video tutorial cara penggunaan program ini dari awal hingga menjadi laporan keuangan.


Anda juga memiliki kesempatan mendapatkan bonus gratis bernilai jutaan rupiah dari www.programexcel.id melalui 16 BONUS SUPER PROGRAM BISNIS yang semuanya dapat Anda peroleh melalui tautan di bawah ini. Silahkan klik link di bawah ini!





PENASARAN MAU COBA GRATIS PROGRAM AKUNTANSI EXCEL SIAP PAKAI UNTUK MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN? KLIK DISINI!


132 views0 comments