Search

JANGAN SALAH PILIH! INILAH 7 PILIHAN JENIS PEKERJAAN UNTUK LULUSAN AKUNTANSI DENGAN GAJI BESAR

Updated: Mar 19



Jika Anda adalah salah satu mahasiswa yang saat ini sedang menempuh pendidikan akuntansi, maka selamat, Anda mungkin telah memilih jurusan yang tepat. Setelah lulus, setidaknya ada 7 jenis pekerjaan untuk lulusan akuntansi yang dapat Anda pilih. Dan menariknya, ketujuh jenis pekerjaan ini memiliki potensi penghasilan yang sangat lumayan.


Nah, kira-kira apa saja pekerjaan yang paling potensial untuk dibidangi oleh seorang sarjana akuntansi?


Yuk, baca ulasan lengkapnya berikut ini.


7 Jenis Pekerjaan Untuk Lulusan Akuntansi yang Menjanjikan Penghasilan Besar



Profesi akuntansi adalah salah satu profesi yang hanya dimiliki oleh seseorang yang mempunyai banyak kelebihan dari sisi kecermatan, ketelitian, dan juga kemampuan melakukan analisa yang baik terhadap keuangan. Dengan berbagai kelebihan ini, tidak mengherankan mengapa penghasilan atau gaji dari seorang akuntan kadang memang cukup fantastis.


Hampir semua jenis pekerjaan yang berurusan dengan sektor keuangan, sebenarnya berpotensi untuk tempat yang ideal bagi seorang lulusan akuntansi. Perusahaan umum, perbankan, lembaga pembiayaan, perdagangan, pasar saham, perpajakan, dan lain sebagainya, adalah beberapa tempat yang cukup sesuai bagi seorang lulusan akuntansi keuangan untuk berkarier.


Lebih menariknya lagi, Anda yang mungkin adalah seorang lulusan akuntansi sebenarnya juga tidak harus terikat dengan pekerjaan tradisional yang mungkin sudah sangat umum. Dengan kecanggihan teknologi dan digitalisasi, serta prospek kerja remote yang semakin cemerlang, sebagai seorang akuntan Anda justru bisa memilih untuk mencoba beberapa bidang pekerjaan akuntansi yang mungkin lebih merdeka.


Lantas, apa sajakah profesi paling potensial secara umum atau pun secara khusus untuk lulusan akuntansi yang dapat Anda pilih?



PENASARAN MAU COBA GRATIS PROGRAM AKUNTANSI EXCEL SIAP PAKAI UNTUK MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN? KLIK DISINI!



General Accountant



Pekerjaan pertama yang dapat Anda pilih sebagai seorang lulusan akuntansi tentu saja adalah menjadi seorang akuntan umum atau general accountant. Profesi akuntansi ini tentu saja adalah profesi yang paling umum untuk dikenal dalam dunia akuntansi. Sesuai dengan bidang pendidikan yang Anda tempuh, Anda kemudian bertugas sebagai pengelola pembukuan keuangan suatu perusahaan.


Pekerjaan yang Anda lakukan biasanya adalah sesuatu yang umum pula dikerjakan oleh seorang akuntan perusahaan. Anda akan membidangi masalah penyusunan laporan keuangan, pembukuan neraca laba rugi, penyusunan buku kas, dan lain sebagainya.


Lalu, berapa kira-kira potensi penghasilan Anda sebagai seorang akuntan umum?


Berdasarkan data yang disampaikan oleh The University Network, potensi penghasilan seseorang yang berprofesi sebagai general accountant bisa menacapai USD 69.350 per tahun. Atau jika dirupiahkan dengan nilai tukar Rp, 15.000 per satu USD 1, maka potensi penghasilan Anda mencapai Rp, 1.040.250.000 setiap tahunnya.


Tentu saja itu angka yang cukup banyak, bukan?



Financial Auditor



Menjadi seorang auditor finansial adalah jawaban selanjutnya bagi Anda yang masih bertanya mengenai; potensi lulusan akuntansi kerja apa untuk mendapatkan penghasilan yang lumayan?


Untuk menjadi seorang auditor finansial, tentu saja Anda harus dituntut jauh lebih cermat dan teliti daripada akuntan pada umumnya. Dalam pekerjaan ini Anda tidak hanya memperhatikan apakah proses pembukuan keuangan sudah dilakukan dengan benar ataukah tidak. Namun lebih jauh, Anda juga diserahi tanggung jawab untuk menemukan kemungkinan jika terjadi celah unfactual antara laporan keuangan yang ditulis, dengan kondisi sebenarnya dari sebuah perusahaan.


Untuk menganalisa, mengedit, memverifikasi dan mempelajari berbagai dokumen keuangan yang demikian banyak dari sebuah perusahaan ini, Anda yang berniat menjadi seorang financial auditor berpotensi untuk memperoleh penghasilan per tahun pada angka yang sama dengan seorang general accountant, yakni; Rp, 1.040.250.000.


BACA JUGA:



Budget Analys



Menjadi seorang analis bujet atau budget analys adalah salah satu pekerjaan di bidang akuntansi yang erat pula kaitannya dengan kemampuan memprediksi arah pasar. Bidang pekerjaan akuntansi satu ini akan menuntut Anda untuk mampu membaca seberapa efektif buget yang dikeluarkan untuk membiayai sebuah proyek di perusahaan.


Seorang budget analys bertanggung jawab pada review proposal yang membutuhkan pembiayaan keuangan. Termasuk dalam hal ini adalah kemampuan untuk memperhitungkan keuntungan dan kerugian yang akan diperoleh, cost yang dibutuhkan dalam jangka panjang, dan lain sebagainya. Hal ini harus diperhitungkan seakurat mungkin untuk menemukan angka optimal alokasi dana perusahaan secara efektif dan efisien.


Masa depan seorang akuntan yang memilih budget analys ini cukup menggiurkan dari sisi pendapatannya. The University Network setidaknya menempatkan angka USD 75.240 per tahun. Atau dalam mata uang rupiah, Anda kira-kira akan menerima Rp, 1.128.600.00 pada setiap tahun untuk profesi sebagai budget analys.



Financial Manager



Pekerjaan selanjutnya yang dapat Anda tekuni sebagai seorang lulusan akuntansi adalah dengan menjadi seorang manajer finansial. Namun seorang manager finansial harus membekali dirinya dengan program aplikasi akuntansi untuk menunjang pekerjannya. Dibandingkan beberapa pekerjaan lulusan akuntansi sebelumnya, job satu ini akan memberi Anda potensi penghasilan yang paling besar.


Akan tetapi dari dilihat dari job deskripsinya juga, seorang financial manager memiliki tanggung jawab yang cukup kompleks. Beberapa tanggung jawab utama dari profesi akuntansi satu ini misalnya adalah;

  • Memprediksi tren keuangan pada masa yang akan datang.

  • Mengumpulkan, menafsirkan, dan meninjau beragam informasi keuangan.

  • Meninjau, memantau dan juga mengelola anggaran perusahaan.

  • Mengembangkan strategi yang mampu meminimalkan risiko keuangan bagi perusahaan.

  • Menganalisa tren pasar yang sedang berlangsung dan arahnya di masa depan.

  • Melaporkan berbagai tren keuangan yang ditemui kepada manajemen atau pemangku jabatan di perusahaan, serta memberikan saran dan pertimbangan mengenai keputusan keuangan yang berpengaruh pada tren yang dilaporkan.

  • Menghasilkan laporan keuangan yang berkaitan dengan hutang piutang, anggaran, biaya, dan lain sebagainya.

Dengan berbagai tanggung jawab pekerjaan yang diembannya ini, seorang financial manager akan memperoleh bayaran yang setimpal, yakni berkisar pada angka USD 125.080 per tahunnya.


Jika jumlah ini dirupiahkan, maka cita-cita mahasiswa akuntansi untuk memperoleh gaji besar saat bekerja bisa benar-benar terwujud. Penghasilan sebesar Rp, 1.876.200.000 yang akan Anda terima setiap tahunnya, tentu saja bukan angka yang kecil, kan?



Personal Financial Advisor



Pekerjaan selanjutnya yang bisa Anda tekuni sebagai lulusan akuntansi adalah dengan menjadi seorang penasihat finansial atau penasihat keuangan. Financial advisor pada umumnya menangani klien individual, tapi tidak menutup kemungkinan pula bahwa sebagai penasihan keuangan profesional, Anda juga mendapatkan klien sebuah perusahaan atau badan usaha lainnya.


Job yang dilakukan oleh seorang finansial advisor pada umumnya adalah memberikan pertimbangan, masukan dan saran finansial kepada seseorang atau kelompok yang terkait dengan keputusan keuangan. Termasuk dalam hal ini misalnya adalah tentang keputusan untuk berinvestasi di saham atau obligasi, rencana pesiun, hukum perpajakan, asuransi, dan masih banyak lagi.


Untuk pekerjaan ini, seorang penasihat finansial profesional mampu menghasilkan sekitar USD 90.640 setiap tahunnya. Dengan kata lain, jika Anda yang merupakan seorang lulusan akuntansi terjun pada bidang ini dan menjadi profesional yang berhasil, maka Anda setidaknya akan memiliki penghasilan sekitar Rp, 1.359.600.000 setiap tahunnya.



Financial Examiner



Profesi akuntansi ke-6 dengan gaji yang akan membuat Anda hidup berkecukupan adalah menjadi seorang financial examiner atau pemeriksa keuangan. Job satu ini hampir sama dengan seorang financial auditor namun akan lebih berfokus lagi misalnya pada kepatuhan berbagai lembaga keuangan terhadap undang-undang, menilai manajemen perbankan, dan juga mengevaluasi tingkat risiko pinjaman dan semacamnya.


Dalam melakukan berbagai pekerjaannya, seorang financial examiners memiliki beberapa hal yang menjadi prioritasnya seperti;

  • Memantau kondisi keuangan institusi perbankan atau instrumen keuangan lainnya.

  • Melalukan review terhadap neraca, pendapatan operasional, dokumentasi pinjaman, guna mengkonfirmasi aset dan kewajiban sebuah institusi keuangan.

  • Memeriksa berbagai keputusan rapat manajer dan direktur keuangan.

  • Dan lain-lain

Dalam penterjemahannya, seorang financial examiner akan lebih banyak berfokus pada dua hal berikut ini saja, yakni; memastikan kepatuhan berbagai institusi keuangan terhadap aturan perundangan, atau penilaian risiko keuangan secara rinci.


Untuk melakukan berbagai tugas-tugas tersebut, seorang financial examiner setiap tahunnya bisa memperoleh penghasilan hingga USD 81.690.


Jika nilai ini kemudian dikonversi dalam mata uang rupiah, maka Anda yang berminat untuk menjadi seorang finacial examiner setidaknya akan mendapatkan penghasilan per tahun sebesar Rp, 1.225.350.000.



Online Accountant



Nah, untuk Anda yang memiliki jiwa wirausaha dan tidak takut menantang risiko, maka sebagai bonus, programexcel.id akan mengulas satu profesi lagi yang bisa Anda pilih. Profesi ini patut Anda pertimbangkan sebagai peluang usaha di bidang akuntansi yang di masa mendatang, diprediksi akan semakin banyak diminati.


Anda bisa menjadi seorang online accountant atau akuntan online yang tentu saja memiliki perbedaan dengan berbagai profesi akuntansi bergaji besar sebelumnya. Kombinasi kata terbaik untuk representasi profesi yang terakhir ini adalah kebebasan dan kemandirian.


Dengan kata lain, profesi sebagai online akan memberikan Anda kebebasan dalam bekerja dari sisi waktu dan ruang, dan juga kemandirian untuk membuat pilihan yang mungkin lebih signifikan.


Untuk potensi penghasilan yang bisa Anda peroleh pada bidang ini adalah tidak terbatas. Artinya adalah; jika Anda kemudian berhasil membangun sebuah jasa akuntan yang profesional, terpercaya, dan memiliki reputasi yang tinggi, penghasilan yang akan Anda peroleh tentu saja bisa melampaui penghasilan seorang financial manager yang berada pada angka Rp, 1.876.200.000 per tahun.



Apa yang Dibutuhkan untuk Memulai Bisnis sebagai Online Accountant?



Untuk memulai profesi ini tentu saja yang Anda butuhkan adalah tekad yang kuat, kemauan yang tinggi, dan konsistensi yang terjaga dan ilmu akuntansi. Namun selain itu, Anda sebagai lulusan akuntansi juga harus memperdalam kemampuan praktis Anda dalam dunia akuntansi dengan memperbanyak praktek.


Nah, cara paling mudah untuk melakukan hal ini adalah dengan memahami secara lebih baik berbagai teknis dan prosedur akuntansi dalam berbagai pembukuan keuangan. Tingkat pemahaman yang Anda miliki tentang cash flow, neraca saldo, utang piutang, sebaiknya segera Anda asah secara signifikan untuk membuat prosesnya menjadi semakin terarah.


Namun, itupun belumlah cukup. Untuk membuat pembukuan dan laporan keuangan perusahaan Anda harus bisa "membaca transaksi usaha" dan menginputnya satu per satu ke dalam Jurnal Umum. Sedangkan hal itu sangat memakan waktu jika di kerjakan secara manual dan sangat rentan human error.


Ternyata sekarang mimpi buruk itu sirna dengan kehadiran program akuntansi dari programexcel.id. Hanya dengan memakai program akuntansi excel siap pakai ini, segala yang menyangkut pekerjaan akuntan dari awal membuat CoA (Chart of Account) sampai dengan menjadi laporan keuangan dapat di kerjakan dengan otomatis, hemat waktu, hemat tenaga, hemat biaya, tidak ada human error dan tampilannya enak di lihat. Tidak percaya? Coba saja sendiri trialnya di bawah ini!


Untuk Anda yang fokus pada usaha jasa, Anda bisa gunakan program excel akuntansi jasa. Bagi Anda yang memproduksi barang, lebih baik Anda menggunakan program akuntansi excel manufaktur. Sedangkan bagi Anda yang fokus pada jual beli barang, disarankan untuk memakai program akuntansi dagang.


Setiap pembelian program excel dengan produk apapun Anda berhak mendapatkan 16 bonus gratis program akuntansi yang akan membuat persiapan Anda untuk menjadi seorang profesional online akuntan semakin prima. Bonus-bonusnya bisa dilihat disini.


Nah sekarang, sebagai lulusan akuntansi, Anda tetap harus optimis meskipun di tengah pandemi seperti saat ini. Ada banyak sekali jenis pekerjaan untuk lulusan akuntansi dengan potensi penghasilan sangat tinggi menanti Anda yang siap menyambutnya di luar sana. Pertanyaannya kemudian adalah; Apakah anda siap meraihnya atau tidak?





PENASARAN MAU COBA GRATIS PROGRAM AKUNTANSI EXCEL SIAP PAKAI UNTUK MEMBUAT LAPORAN KEUANGAN? KLIK DISINI!


14 views0 comments